23 June 2015

Masakan Lokal Campur Keju? Bisa!

Tidak terasa, sudah masuk bulan Ramadhan lagi, nih. Kalau membahas bulan puasa pasti identik dengan bakwan ala Ibu. Walaupun di luar sana banyak penjual takjil yang menawarkan bakwan, tetap saja bakwan Ibu yang nomor satu. Pokoknya, buka puasa kurang lengkap tanpa mencicipi bakwan dari Ibu.
Sayangnya, saya sudah berkali-kali masak bakwan tetap saja tidak seenak hasil karya Ibu. Bahkan, masih lebih enak bakwan yang dijual di warung dari pada punya saya. Padahal bakwan adalah makanan yang sederhana, kan? Duh, sedihnya kalau inget susah payah menyiapkan semua bahan, mengikuti setiap resep, memasak perlahan-lahan, ternyata hasilnya tidak memuaskan.
Entah mengapa, saya mendadak penasaran kenapa kerap gagal membuat bakwan yang sebenarnya sangat mudah itu. Saya pun googling dengan kata kunci ‘resep bakwan’, tentu saja yang keluar sangat banyak. Entah sudah berapa resep yang saya buka lalu membacanya. Belum ada satu pun yang menggiring saya untuk nekad membuat bakwan lagi.
Mata saya mendadak mengerjap. Senyum pun lekas mengembang. Saat jemari menemukan resep Bakwan Soun Saos KejuMoo di www.kejumoo.com. Sesekali coba memadukan makanan lokal yaitu bakwan, dengan bahan serba keju. Waktu saya liat fotonya, sontak membuat perut keroncongan. Semoga saja itu yang akan Ibu rasakan saat melihat bakwan ala saya.
Untuk membuat bakwan keju tersebut sebenarnya hampir sama dengan bakwan pada umumnya. Bedanya terletak ada siraman dari saos keju Kraft yang menutup sebagian atas bakwan, sekaligus membuat rasa makin lezat. Setidaknya saos keju cukup menutupi penampilan bakwan yang kurang memikat mata, hehe.
“Bikin apa?” tanya Ibu yang mendadak sudah sampai di bibir dapur.
“Oh, ini, Bu. Bakwan Soun Saos Keju,” balasku dengan jantung berdegup kencang.
Sekitar satu jam kemudian, bedug magrib berkumandang yang kian membuat hati saya bak mencelos. Setelah minum teh hangat, Ibu mencicipi bakwan buatan saya.
“Mmm... Enak.”

Satu kata itu membuat senyum saya mengembang. Senangnyaaa... 

No comments: