18 January 2015

[BISNIS] Gigih Berdagang


Sepanjang perjalanan menuju dan pulang dari tanah suci, saya menemukan kegigihan para pedagang dalam menawarkan produk yang dijual. Pedagang berjenis kelamin perempuan maupun laki-laki sama gigihnya, bahkan pedagang dengan berbagai usia hadir disana. Anak yang saya prediksi berusia 9 tahun hingga 12 tahun berdagang tak kalah gigihnya.

Saya mengamati, hampir rata-rata yang datang ke jongko, lesehan, ataupun toko akan closing membeli :) Cara berbahasa hingga gestur tubuhnya membuat kami, sebagai pembeli merasa nyaman. Tidak jarang, mereka menyapa dengan bahasa sesuai dengan siapa calon pembelinya. Untuk orang Indonesia, mereka menyapa, "hai bu, ini murah dan baguuuus," saya terkekeh dibuatnya.

Menarik sekali ketika saya ada di kawasan Jeddah dan bertemu dengan beberapa pedagang asongan. Mereka berkeliling dan mulai menghampiri rombongan kami. Pedagang tersebut sepertinya anti dengan kata "tidak" kami terus dipepet hingga kemanapun, bahkan sampai ke bis. Alhasil, banyak anggota rombongan yang membeli____ termasuk saya smile emoticon
Saya belajar tentang kegigihan berdagang di tanah suci dan semangat serta kebanggaan saya sebagai sales menguat.


No comments: