27 October 2014

Imunisasi Lewat Care Mobile

Data terakhir WHO, kematian balita sebesar 1,4 juta jiwa per tahun akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, misalnya: batuk rejan 294.000 (20%), tetanus 198.000 (14%), campak 540.000 (38%). Di Indonesia sendiri, UNICEF mencatat setiap dua puluh menit seorang anak Indonesia meninggal karena campak." (sumber: http://www.imunisasi.net/).
Untuk itu, pemerintah kian giat melakukan imunisasi dengan memaksimalkan berbagai media. Sebut saja posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu yang sudah tersebar di berbagai wilayah bahkan hingga pelosok. Umumnya, terdapat di balai dusun, kelurahan, sampai balai RW. Bahkan sudah memiliki daftar imunisasi wajib. Seperti BCG, Hepatitis B, Polio, DTP, serta campak.    
Puskemas juga bekerja sama dengan perangkat masyarakat, seperti kepala desa, ketua RW, dan ketua RT. Secara berkala memberikan vitamin yang bisa dibagikan ketika momen pertemuan rutin arisan dan PKK. Pemberian vitamin tersebut tentu berdasarkan data mengenai jumlah dan usia balita di kawasan tersebut. Para Ibu dihimbau untuk memberikan kepada anaknya.
Selain itu, masih ada program Bulan Imunisasi Anak Sekolah atau BIAS. Sasarannya adalah para murid Sekolah Dasar (SD) yang berlangsung pada bulan tertentu. Petugas kesehatan mendatangi sebagian besar tempat pendidikan tersebut untuk memberikan vaksin. Tujuannya agar menimimalisir penyebaran penyakit di sekitar dan meningkatkan kesehatan anak-anak sehingga dapat tumbuh dengan sehat.
Saat ini pun telah mendapatkan dukungan dari Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC). Pun tengah bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan di masing-masing Propinsi (DKI Jakarta dan Jawa Barat) melahirkan program Ronald McDonald Care Mobile. Berupa klinik berjalan yang memberikan imunisasi wajib, pelayanan konsultasi, serta pemeriksaan kesehatan anak.

Simak pula testimoni mengenai Ronald McDonald Care Mobile berikut ini. "Masyarakat terus membawa bayi atau balita mereka ke posyandu untuk diimunisasi, sehingga para kader tidak kesulitan mengumpulkan masyarakat. Mereka akan terus berdatangan karena mereka telah memahami pentingnya imunisasi bagi anak-anak mereka,” kata Hj. Junengsi, kader posyandu Kelurahan Kalibaru. Nah, bagi yang ingin mengenal lebih jauh dengan program Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC) dapat membaca di http://rmhc.or.id/.  

No comments: