04 January 2014

KOMUNITAS, JENDELA DUNIA PEREMPUAN

Jika Anda belum pernah ke Inggris, baca buku tentang Inggris dan Anda akan merasa ada disana…
Jika Anda merasa stres, baca buku mengelola stres
Jika Anda sedang belajar apapun, baca saja buku yang Anda butuhkan
Buku adalah jendela dunia dan tahukah Anda, kini KOMUNITAS menjadi salah satu jendela dunia Anda.

Komunitas yang saya dirikan pada tahun 2010 memang benar-benar menjadi jendela saya untuk mengenal lebih banyak negara, meski saya belum sama sekali kemana-mana :)
Anggota komunitas yang berasal dari berbagai belahan dunia seolah mereportase setiap detail keindahan dunia, bukan hanya itu, mereka menjadi pembuka jalan untuk belajar bersama-sama. Dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak menarik menjadi sebuah ketertarikan tersendiri.

Jangankan negara lain, di Indonesiapun saya terkagum-kagum dengan hasil reportase para ibu dengan berbagai keahliannya bercerita dan fotografi. Dalam satu pembuatan buku wisata Indonesia, ada puluhan ibu tersebar di berbagai provinsi menyusunnya, saya pun jatuh cinta dengan Indonesia berdasarkan hasil tulisan dan foto mereka serta begitu bersemangat ingin kembali menjelajah Indonesia setelah mengendapkan keinginan itu saat menikah.

Komunitas bisa jadi sebuah buku bagi kita semua. Buku yang tidak kita baca satu halaman ke halaman lainnya, tapi satu buku dengan berbagai isi dan tema yang berbeda di setiap halaman. Banyak hal yang bisa kita ambil dari sebuah komunitas. Bukan hanya sekadar mencari ilmu, berjejaring, tapi juga salah satu cara kita mengenal dunia yang “lebih besar dari besarnya daun kelor”
Kuncinya adalah selihai apa Anda menangkap setiap ilmu yang bertebaran didalamnya, selihat apa Anda menangkap aura positif yang bisa Anda serap. Oh ya bicara aura positif berarti ada aura negatif juga ya? bisa jadi. Dengan berbagai kepala yang ada di dalam komunitas, akan banyak gejolak yang akan muncul, dengan pemahaman Anda akan perbedaan maka akan semakin nyaman Anda berkomunitas.

Bukan hanya berkomunitas, dalam hal apapun ada segi positif pun segi negatif. Yang harus kita lakukan untuk bisa belajar dengan nyaman dalam komunitas adalah menyediakan lebih banyak ruang di hati untuk  menghadapi PERBEDAAN.

#salah satu buku yang dimiliki oleh komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis korwil Luar Negeri

No comments: