29 November 2013

TOP TIPS SELF EDITING

Setelah mengetahui begitu penting self editing bagi penulis, pasti akan timbul pertanyaan “Bagaimana melakukan self editing?” Sebelum menuju ke proses self editing sebaiknya seorang penulis mengetahui apa saja yang akan diedit. Selain kata yang harus benar-benar bersih dari typo dan sesuai dengan EYD, hal yang harus diperhatikan adalah kesesuaian fakta, jalan cerita, pemilihan diksi yang tepat, penomoran, tanda baca, dan lainnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk self editing adalah mengendapkan naskah. Tujuan dari proses ini adalah supaya Anda kembali tenang dan segar. Dalam proses ini Anda tidak boleh melihat sekilas atau memikirkan naskahnya. Untuk mengendapkan naskah biasanya membutuhkan waktu seminggu atau lebih dan untuk penulis yang dikejar deadline bisa mengendapkan naskahnya satu hari.

Kedua, setelah masa pengendapan selesai, bukalah naskah kembali dan anggaplah naskah tersebut milik orang lain. Buang jauh-jauh anggapan positif terhadap naskah tersebut. Mulailah membaca dengan teliti naskah dan lakukan editing. Untuk melakukan pengecekan kata bersahabatlah dengan kamus.

Ketiga, jika ada yang tidak sesuai atau ada suatu hal yang dianggap penting, tambah, kurangi, dan ganti pernyataan atau kalimat yang ada di dalam naskah tersebut.

Keempat, meskipun self editing Anda juga bisa meminta orang lain untuk memeriksa naskah Anda. Berikan naskah tersebut kepada orang lain untuk dibaca dan mintalah pendapat dan masukannya. Anda bisa mempertimbangkan masukan dari pembaca tersebut.

Kelima, cek sekali lagi naskah Anda, jangan bosan membacanya berulang kali. Dan, naskah siap dikirimkan.

No comments: