18 February 2013

Woman In Biz: Antara BISNIS dan MENULIS (Bagian 10)


Satu hal yang harus disiapkan ketika berbisnis adalah berhenti untuk berpikir buruk, putus asa, dan diam.
-Indari Mastuti-

Saya harus bersyukur karena akhirnya telah berhasil memasuki level prestisius pertama di Oriflame. Karenanya, saya mendapat tiket cantik untuk menghadiri Leaders Club Meeting tanggal 7 - 8 Mei 2011 kemarin. Meeting yang menghadirkan begitu banyak orang hebat disana, begitu banyak tantangan yang bisa diikuti (hingga bonus mobil BMW yang siap diberikan pihak Oriflame pada leaders yang berprestasi), begitu banyak ilmu yang bisa saya serap, dan tentu saja lonjakan SEMANGAT naik lebih dari 1000% hehehe



Memasuki bisnis ORIFLAME memang akhirnya saya pilih karena skema ONLINE yang memudahkan saya. Awalnya mendapat protes dari suami karena khawatir akan mengganggu bisnis saya di Indscript Creative yang memang sedang membutuhkan prioritas asuhan saya. Apalagi dengan berkembangnya grup Ibu-ibu doyan nulis yang menjadi media para ibu untuk meraih cita-citanya menjadi penulis juga membutuhkan asuhan yang lumayan besar. Tapi, bagi saya bisnis harus berkembang. kalaupun sempat jatuh, tetap harus kembali tumbuh! :)

Seperti biasa, sebelum berangkat kemana-mana, saya akan disibukkan dengan berbagai perlengkapan anak-anak yang harus saya bawa. Sibuuuk bukan main, bawa 2 anak seperti membawa 1 lemari baju dalam mobil :). Beruntung, anak-anak saya bukan tipikel anak yang rewel, sehingga perjalanan kemana-mana tidak membuat saya kelelahan.

Grand Melia, hari pertama....

Setelah sampai sih, saya yang kebetulan berangkat bareng dengan director Oriflame, laely Fitria. Menghabiskan sepanjang jalan menuju Jakarta dengan diskusi masalah pencapaian dan target di masa mendatang, akhirnya kami sampai juga di sebuah hotel mewah di jakarta. di Pintu depan, bertemu dengan mbak Nadia Meutia, founder dbcn yang sudah punya penghasilan selangit dari bisnis ini. Seperti biasa, aura mbak Nad selalu menyenangkan dan positif. Saya belajar satu hal di bisnis ini bahwa kita sebagai leader harus memiliki cara berpikir yang selalu POSITIF untuk bisa sukses. Maklumlah, bisnis yang notabene mengurus orang di jaringan ini, kalau nggak banyak berpikir positif tentu akan tersiksa batin, berhubungan dengan berbagai karakter orang bukan persoalan mudah bukan? positif, positif, dan positif!

Saya dan Laely menuju pintu hotel, tidak lupa de Ammar dan pengasuh ikut serta :). Sedangkan Nanit dibawa ayahnya jalan-jalan ke Ragunan. Beruntung sekali memiliki suami yang support pada setiap aktifitas saya, sehingga saya sangat terbantu untuk terus berkembang dan berkembang. Sebelum menuju kamar sudah bertemu dengan para leaders yang berasal dari berbagai belahan Indonesia. Hemmm, bangga menjadi bagian mereka! :)

Di kamar yang menjadi tempat berkumpul tim Laely, ramai sekali. Banyak mimpi dan rencana yang kami masing-masing ingin capai. Target kami sama, ingin mencapai PUNCAK KARIR di bisnis ini. Dan, lagi-lagi saya menemukan satu aura yang sama ketika berada bersama mereka BERPIKIR POSITIF, dan satu yang saya temukan lagi adalah mereka sama-sama memiliki sikap yang PANTANG MENYERAH!

"Seneng kan, bisa gosip sambil menyusui" celetuk salah salah satu leaders pada saya saat saya ikut bergosip sambil menyusui dede Ammar, xixixixi....Iya, memang sangat luar biasa! Bisnis Oriflame memang bisnis khas ibu-ibu sehingga cocok untuk saya yang kemana-mana selalu segerombolan dengan anak-anak :). Begitu juga saya megasuh Indscript Creative, saya selalu bersama anak. Bahkan, klien-klien Indscript tidak pernah keberatan jika di tengah-tengah meeting serius saya harus izin menyusui anak. Ibu-ibu pelatihan menulis tidak pernah manyun, ketika di tengah-tengah mengajar, saya izin menyusui anak atau mendiamkan anak yang menangis karena jatuh :). Ini bisnis yang 'gue banget' hehehe

Makan siang di Grand Melia membuat saya nyaris kekenyangan, abis semua enaak semua :)). Setelah makan siang, para Leaders masuk ruang meeting yang besar dan dipersiapkan untuk menerima ilmu dari para petinggi-petinggi Oriflame yang rata-rata bule hehe...Untung ada penerjemahnya, kalo nggak...nggak kuku :). Ada beberapa point penting yang saya ambil dari meeting ini:
1. TENTUKAN TARGET SUKSES ANDA.
Apa yang ingin Anda capai dalam hidup? Apa yang ingin Anda dapatkan? kapan? Ya, menentukan target sukses akan memotivasi kita untuk sukses. Sejak kecil, entah diajarin siapa, saya punya banyak target sukses di masa depan :). Ada 101 keinginan sukses yang ingin saya raih dan telah saya rancang dengan manis di buku harian. Satu persatu target itu tercapai, salah satunya mencapai posisi Manager pada usia 25 tahun di sebuah perusahaan besar. Awal saya berkarir dengan posisi prestisius itu adalah pada usia 25 tahun di sebuah perusahaan telekomunikasi di Batam. Satu persatu, saya mulai menandai keinginan yang sudah tercapai. Sebuah target yang terus dicanangkan dalam hidup memang sangat memotivasi untuk melangkah dengan lebih sempurna.
2. BERPIKIRLAH POSITIF
Berhentilah untuk berpikir negatif, berprasangka buruk, merasa tidak mampu melangkah karena kegagalan yang didapat. Bisnis apapun, akan berhubungan dengan manusia. Bisnis Indscript Creative berhubungan dengan ratusan bahkan ribuan orang yang bergabung dalam komunitas yang sama, begitupun bisnis Oriflame. Dengan jumlah anggota dalam grup saya yang hampir mencapai 300 orang, saya harus berhubungan dengan orang-orang yang berbeda misi hingga persepsi. Kalau pikiran kita hanya dipenuhi dengan sesuatu yang negatif, bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Bisnis harus senantiasa dijalankan dengan pikiran positif agar berkembang dengan positif. Kadang-kadang, tanpa sadari emosi menghampiri ketika satu atau dua orang tanpa diduga menghakimi. Tapi, saya cukup beruntung, tipikal 'santai' telah terbangun sehingga bagi saya marah tak perlu berbalas marah, ejekan tak perlu berbalas mengejek, caci maki tak perlu berbalas caci maki.
3. BEKERJASAMALAH DENGAN TEAM
Tidak ada satu bisnis pun yang bisa dijalankan sendirian. Butuh orang lain dan selalu membutuhkan tim! bekerjasama dan berkolaborasi adalah sikap terbaik yang harus dipilih oleh kita yang ingin sukses. Bisnis Indscript Creative selalu membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak, di jaringan kami ada ratusan hingga ribuan orang. Jika tidak bisa bekerjasama, apa jadinya? Bekerjasama bukan hanya secara personal, kerapkali saya memadukan dengan hati. Kalau sudah begitu rasanya nyamaaaaaan banget bekerjasama dengan banyak orang.
4. CINTAI PEKERJAAN ANDA
Rasa cinta akan profesi atau pekerjaan Anda akan menstabilkan semangat Anda dalam berbagai kondisi. Kalau bisnis Anda jatuh tidak akan membuat Anda 'down', kalau bisnis Anda tumbuh tidak akan membuat Anda 'lupa diri'.
5. AFIRMASIKAN KESUKSESAN ANDA
Banyak yang bertanya, apa sih afirmasi? menurut saya afirmasi adalah sikap mental yang menghargai mimpi diri dan -meyakini bahwa mimpi itu bisa dicapai. Saya punya satu buah pigura yang berisi afirmasi-afirmasi pencapaian sukses yang ingin saya raih. Hasilnya? melecut semangat untuk mewujudkannya, bahkan jauh lebih cepat dari target yang dicanangkan.

Depok, hari kedua


Jam 7 malam saya berangkat dari Park Lane Hotel menuju Depok. Semangat saya membuncah karena esok hari saya akan kopdar sekaligus mengadakan pelatihan yang dibuat oleh Kordinator wilayah Ibu-ibu doyan nulis wilayah Depok. Harus kembali bersyukur, saat total grup Ibu Doyan nulis sudah lebih dari 3000 ibu (Grup ibu-ibu doyan nulis 1.900 dan ibu-ibu doyan nulis interaktif 1.400) dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Lebih membanggakan karena semakin banyak ibu berkarya, tentu saja menyesuaikan dengan background mereka. Ada yang menjadi penulis buku resep masakan, buku keterampilan, buku kesehatan, hingga penulis novel. Thanks Allah...

Walau saya tidak dua hari full memenuhi undangan dari Oriflame, tapi saya tetap merasa bahagia karena hari kedua tetap akan menghabiskan hari penuh kenangan manis. Ya, bersama ibu-ibu di wilayah Depok. Entah kenapa, hati saya selalu berbunga. saya sangat mencintai komunitas Ibu doyan nulis yang lahir pada bulan Juni 2010 ini, saya seperti memiliki keluarga kedua, dan memiliki sejumlah sahabat.

Acara pelatihan berlangsung seru, luar biasa! Mulai dari pembagian paket cantik hingga FEE penulisan dilakukan secara offline. Tepuk tangan ibu-ibu yang hadir pada pengumuman yang saya buat membuat ruangan yang tidak begitu besar itu menjadi hidup. Sekali lagi saya bersyukur....dan semoga kebersamaan kami menghasilkan sesuatu yang positif, amiin

Kebersamaan yang singkat telah menorehkan kenangan yang akan saya simpan hingga kapanpun.

Begitu barangkali oleh-oleh yang saya bawa di Leader Meeting Club yang diselenggarakan oleh Oriflame. Saya berharap bisa menaiki posisi puncak di bisnis ini, bisa membangun jaringan lebih kuat lagi, dan yang paling menyenangkan adalah bisnis ini mendatangkan shilaturahmi yang sangat dekat, lagi-lagi seperti juga bisnis Indscript Creative.

Jika ada yang tertarik di bisnis Oriflame boleh loh gabung dengan saya, saya menyediakan satu grup yang berisi tentang edukasi bisnis Oriflame, mulai dari produk hingga bagaimana berbisnis cantik dengannya. Yuk gabung di http://www.facebook.com/home.php?sk=group_202581243097217&ap=1

Tapi, jika ibu tertarik untuk menulis bersama Indscript Creative bisa gabung juga di http://www.facebook.com/home.php?sk=group_165731113482130&ap=1

Malam ini saya harus bersyukur, lagi-lagi bersyukur karena saya bisa mengawal keduanya tanpa hambatan. Dua anak dan dua Bisnis! :))

Salam Bisnis dengan penuh kehangatan untuk semua ibu Indonesia,
Indari Mastuti


 Lihat Artikel bagian 9

Bersama Director Oriflame dalam perjalanan menuju LC Meeting...dan tentu saja bersama anak saya juga :)


Dua anak selalu dibawa kemana-mana :)



De Ammar, sejak usia 2 minggu sudah saya bawa meeting kemana-mana. Sekarang usianya menuju 4 bulan :)

Bersama calon Leader di bisnis Oriflame, mbak Tati :)



Bersama Founder dBCN Oriflame, Nadia Meutia


Bersama redaksi dan promosi Tabloid Nova, Tabloid yang menganugerahi saya sebagai PEREMPUAN INSPIRATIF NOVA 2010. Saat ini kami bekerjasama untuk menerbitkan kisah sukses para pemenang perempuan Inspiratif Nova. Terima kasih Nova, i lop you pul :)


Karya anggota grup ibu doyan nulis :)


Salah satu pelatihan menulis yang diselenggarakan, mejeng bersama ibu-ibu abis seriusan pelatihan :)


Peralatan pelengkap untuk para ibu yang berminat menulis buku-buku kuliner :)


Liputan di Nova mengenai ibu-ibu doyan nulis dan bisnis Indscript Creative


Menyemangati jaringan Oriflame dengan hadiah-hadiah cantik spesial dari saya.


bersama salah satu ibu yang telah bergabung dengan Indscript Creative lebih dari 3 tahun, ibu Nia Haryanto


Pelatihan menulis bagi para ibu yang selalu seru :)


Bekerjasama dengan pengasuh untuk mengawal anak-anak :)


Kondisi mobil jika kami bepergian. Hampir mirip kemping :)


2 comments:

Aniek Syamsuddin said...

Aslm Wr Wb, Jeng Indari Mastuti salam kenal ya.. Saya Bu Aniek Syamsuddin dari Malang, tertarik sekali dg ide, tulisan,dan kreatifitas anda. Bolehkah sy jadi anggota IIDN ? Gimana caranya ? Makasih ya .. saya tunggu jawabannya lho ..

indari mastuti said...

Hai bu Aniek, bisa langsung ke facebook dan searching grup ibu-ibu doyan nulis-interaktif ya....