01 January 2012

2012, POSITIF ATAU NEGATIF?


Dalam menghadapi berbagai persoalan manusia paling sulit berpikiran positif. Kepala yang penat selalu menghantarkan 'bayangan kemungkinan yang negatif'. Bayangan-bayangan itu pada akhirnya membuat seolah-olah apa yang dipikirkan oleh kita memang benar negatif. Padahal, belum tentu begitu! Malah, dalam berbagai kejadian, kemungkinan ataupun pikiran tentang seseorang yang negatif atau prasangka atas persoalan yang negatif tiba-tiba hancur berkeping ketika jawaban sebenarnya positif. Kalau sudah begitu, hati meringis karena malu sudah menduga tidak baik.

Itu sebabnya saya sangat berhati-hati memvonis seseorang, menduga suatu masalah adalah masalah berat, serta menulis sesuatu yang menyerang pihak lain. Sebab, saya tidak pernah tahu bahwa di kemudian hari segala sesuatunya berubah 180derajat. Yang saya tanam di pikiran saya atas setiap persoalan apapun adalah pasti berakhir indah jika pikiran kita tetap indah. Segala persoalan akan terasa berat atau ringan menyesuaikan dengan pikiran kita.


Maka, di awal 2012 ini, kejadian di tahun lalu dan tahun sebelumnya tentu telah menambah daftar panjang belajar kita tentang arti hidup, persahabatan, bisnis, hingga etika di dunia maya. Semoga jalan di depan sana yang bisa jadi tidak semulus jalan tol tetap menghantarkan sesuatu yang positif untuk pembelajaran kita berikutnya. Selamat tahun baru 2012 sahabat-sahabatku,

Salam Hangat,
Indari Mastuti

No comments: