Merubah STRATEGI? HARUS!




Jadi inget akhir tahun 2007, ketika saya pertama kalinya mendirikan Indscript Creative saya mencari sebuah strategi supaya Indscript yang baru menetas bisa dilirik pasar penerbit. Saya ingin Indscript berbeda dibandingkan perusahaan sejenis yang lain –begituceritanya- hehe

Akhirnya strategi saya mulai dilancarkan. Saya mengirimkan ratusan judul ide ke semua penerbit. Hasilnya? Sudah saya bayangkan kok....pro dan kontra bermunculan. Ada yang penasaran dan langsung menelpon menanyakan,
“Mbak, serius ngasih judul-judul sebanyak ini? Emang mbak bisa nulis sendiri?”
“ide-idenya bagus, nampaknya ratusan ide ini yang membuat kami tertarik bekerjasama.”
Bahkan ada yang langsung memesan lebih dari 10 judul sekaligus...Tentu setelah proses kelengkapan ide itu dilakukan 

Tapi, banyak juga yang kontra...menganggap ini main-main, bahkan ada yang dengan gamblangnya menyatakan hal yang saya lakukan membuat penerbit seperti “membeli kucing dalam karung” hehe

Bagi saya, sebagai seorang pebisnis, hal itu sah-sah saja! Pro dan Kontra itu justru bikin bisnis jadi seruuuuu ^^

Yang jelas, step selanjutnya setelah mendengar opini-opini pasar tentang strategi itu adalah menyempurnakannya dengan baik. Saya yakin, namanya pemula harus banyak belajar dan mendengar... Nggak perlu marah walau dihujat, nggak perlu terlalu bangga jika disanjung. Wajar-wajar saja....

Bisnis Indscript Creativepun berjalan, omzet meningkat, bahkan lebih dari yang saya duga. Ketika saya mendirikan Indscript Creative, mimpi saya bukan memiliki sebuah perusahaan dengan banyak karyawan tetapi sebuah rumah yang produktif dan dikelola oleh seorang Ibu Rumah Tangga ^_^. Nampaknya, tidak bisa seperti itu!

Satu persatu penambahan karyawan mulai dilakukan dan strategi yang saya lakukan di awal Indscript berdiri terus diteruskan...

Kini.....

Strategi harus berubah! Bisnis harus terus berjalan dengan strategi lebih FRESH!
Apa yang dilakukan pada 3 tahun lalu, kini sudah banyak dilakukan oleh sekian banyak pemain di bisnis ini. Dan bagi saya strategi ini sudah semakin usang! 

Bisnis yang terus berputar haluan juga semakin menguatkan untuk merubah strategi lama ke strategi baru.

2007 – 2010

Indscript Creative kini berusia 3 tahun! Untuk sebuah bisnis, masih kategori anak bawang! Itu sebabnya saya harus terus belajar. Belajar memaintenance dan mengembangkan sebuah bisnis untuk terus menguat.

Belajar dari resiko
Belajar dari kerugian
Belajar dari kritik
Belajar dari klien yang lebih senior
Belajar dari cobaan yang menghadang perusahaan

Perusahaan harus terus tumbuh dan harus menggunakan strategi baru bukan strategi lama. Perusahaan terus membutuhkan strategi untuk bertahan di tengah persaingan.
Itu sebabnya, bagi saya, dalam kondisi saat ini, wajar jika saya sebagai seorang pemimpin perusahaan harus melakukan berbagai strategi untuk mengembangkan perusahaan. Baik strategi yang berkaitan dengan kebijakan dalam perusahaan hingga strategi bersaing di lapangan.

Membangun bisnis itu bukan persoalan mudah, walau juga tidak bisa serta merta dibilang sulit. Tapi, yang harus dilakukan seorang pebisnis adalah kesiapan dalam menghadapi hal apapun yang berkaitan dengan perusahaan, pebisnis harus berani mengambil langkah-langkah strategis untuk terus mengembangkan perusahaan, pebisnis harus terus melakukan perubahan alias tidak monoton untuk tetap bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan sejenis yang terus bermunculan bak jamur di musim hujan ^^
Terakhir, ini hanya sekadar sharing saya ketika menjalankan sebuah bisnis di bidang Jasa Penulisan, bisnis yang lain mungkin punya strategi lebih mutakhir tapi yang jelas semua pebisnis pesan saya harus terus melakukan perubahan strategi pada waktu tertentu atau pada saat yang diperlukan.

Selamat berbisnis!

No comments:

Post a Comment