14 May 2006

COBAAN hidup kok nggak pernah berhenti sih?

"Siapa saja yang dikehendaki Allah menjadi orang baik, maka diberikan cobaan kepadanya." (HR. Bukhari)

Coba bayangkan kalau saat kamu ujian di kelas 6 SD kamu diberikan ujian untuk kelas 3 SMP. Pening kan kepala? Tentu saja, sebab memang kamu belum pernah diajarkan dan materi yang diberikan pasti jauh dari kesanggupan kamu. Tapi, bayangkan juga kalau semua lulusan sekolah tanpa melalui ujian. Wah..wah..bisa-bisa orang-orang itu sama sekali tidak berpotensi. Wajar aja lho kalau setiap kenaikan kelas kita harus mengikuti test atau ujiannya. Wajar dong, supaya semua tahu bahwa kita memang mampu. Ada yang di test SMP, SMA, sarjana, S1, S2 hingga S3 dan masing-masing memiliki tingkat kesulitan sendiri. Dan tentu saja yang paling oke adalah orang yang sudah mengikuti banyak test sebab artinya dia sudah lebih terlatih memecahkan masalah akademik.
Bercermin daripada itu, ibuku mengatakan bahwa semua orang yang kelasnya ‘naik’ di mata Allah adalah orang yang selalu menerima beragam cobaan dan memecahkan cobaan itu dengan baik. Ya, orang yang selalu menerima cobaan artinya mendapat keistimewaan berlebih dari Allah sebab Allah selalu saja memberikan test untuk membuatnya lebih dewasa dan bijak. Jadi, jangan menganggap cobaan hidup itu hanya membuatmu menderita dan kamu merasa tidak mendapatkan apa-apa darinya. Percayalah selalu ada hikmah di balik cobaan.

No comments: