14 May 2006

Aku MENDERITA

"Seorang mukmin yang tertimpa kecelakaan, kemelaratan, kegundahan, kesedihan, kesakitan maupun kedukaan sampai yang tertusuk duripun niscaya Allah akan mengampuni dosanya sesuai dengan yang menimpanya" (HR. Bukhari dan Muslim)

Aku memang menderita dan tidak ada yang lebih menderita dibandingkan aku! Demikian rutuk seorang kawan yang berkeluh kesah padaku. Hai..hai..sobat tahukah kamu kalau cara berpikir seperti itulah yang akhirnya membuatmu benar-benar menderita. Pernahkah mendengar bahwa bagaimana cara berpikir kita tentang diri adalah apa yang akhirnya kita dapatkan?
Sesulit apapun keadaanmu, jangan kamu biarkan pikiran dan hatimu menetapkan bahwa kamu menderita sebab karena kamu memang akan menderita.
Aku seringkali bertanya-tanya dalam diri, ketika aku melihat lahapnya kuli bangunan menyantap nasi bungkus di tangan, melihat lelapnya tidur seseorang di pinggir jalan. Nikkmaaaat…! Ya, saya melihat mereka menikmati sekali apa yang mereka lakukan. Mereka mungkin saja berpikir bahwa makanan yang mereka makan adalah makanan yang benar-benar enak hingga akhirnya makanan itu memang menjadi enak, mereka berpikir bahwa tidurnya nyenyak dan nikmat hingga akhirnya mereka memang benar-benar terlelap. Lantas, dengan keadaanmu yang jauh lebih baik dibandingkan mereka, pantaskah kamu mengatakan bahwa kamu menderita? TIDAK! Sebab kamu sudah menerima anugerah yang melimpah dari Allah. Kamu memiliki orangtua yang mencintaimu atau kamu memiliki banyak sahabat yang menyanyangimu atau kamu berkesempatan membeli apapun yang kamu inginkan atau kamu bisa ibadah tanpa ada gangguan atau kamu memiliki Allah yang akan melindungimu walaupun tidak ada seorangpun yang melindungimu saat ini.

Bagaimana keluar dari penderitaanmu :
Tuliskan apa saja yang membuat kamu menderita dan tuliskan juga solusi seperti apa yang bisa membantumu keluar dari penderitaan itu
Jangan pernah menganggap diri kamu memang benar-benar menderita
Cari bantuan!!
Teruskan berdoa dan meminta pertolongannya
Biarkan tubuhmu dan hatimu menerima segala penderitaan dengan ikhlas
Yakini bahwa KAMU LEBIH BAIK

"Dan siapa yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS Asy-Syuura : 43)

No comments: