21 December 2005

STRESS?Ngapain!

"Berlindunglah kepada Allah dari kesengsaraan (akibat) bencana dan dari kesengsaraan hidup yang berkesinambungan (silih berganti dan terus menerus) dan suratan takdir yang buruk dan dari cemoohan lawan-lawan." (HR. Muslim)

Teman-teman semua heran karena Rika berubah karakter tidak seperti biasanya. Rika yang ceria dan hangat kini berubah menjadi uring-uringan, pemarah, dan sepertinya tidak memiliki gairah hidup. Awalnya temena-teman mengira hal itu karena Rika lagi datang bulan (biasa kan kalo lagi datang bulan emosi jadi labil) tapi lama-lama kok malah tambah parah. Begitu ditanya, Rika menjawab dengan dua kalat, "Gua Stress!"
Nah lho, emangnya tahu apa itu stress? Hemm, memang sih masing-masing dari kita kadang mengartikannya sendiri. Tapi apapun artinya yang jelas stress kerapkali menjadi kawan kita. Hah! Kawan? Amit-amit kan ya? Iya sih, tapi bagaimanapun juga ketika kita tidak mampu menyelesaikan suatu masalah, bersiaplah stress akan hinggap!
Yang jelas stress punya pengaruh negative, baik bagi psikis maupun fisik kamu. bahaya banget kalo kamu miara si stress! Karena stress bisa menyebabkan kamu sengsara. Ketegangan, kecemasan, hipertensi, migraine, bengek, insomnia, cepatnya detak jantung dan kemungkinan lain yang lebih parah. Makanya daripada kamu stress menderita, lebih baik kamu segera menjauh dari stress.
Beberapa tips mencegah stress :
Cobalah untuk bersabar dalam menghadapi sesuatu. Jangan selalu menginginkan persoalan selesai dalam waktu instant karena ketika itu tidak tercapai kamu akan segera terhinggapi stress.
Selalu merasa kurang memanfaatkan waktu. Padahal kamu udah mati-matian membuat waktu seefektif dan seefisien mungkin tapi kamu selalu merasa kurang puas. Merasa tidak menghasilkan apapun.
Terlalu banyak menerima informasi yang negative akan membuat kamu stress. Makanya usahakan supaya kamu menyaring informasi yang akan kamu kunyah sebagai asupan energi otak.
Berada di tempat yang terlalu berisik membuatmu sangat terganggu.
Ambisi yang berlebihan dan tidak pada tempatnya akan membuat tekanan dalam hidup.

No comments: