21 December 2005

LOVE YOUR SELF

"Pandanglah orang yang di bawah kamu dan janganlah memandang kepada yang diatasmu, karena itu akan lebih layak bagimu untuk tidak menghina kenikmatan Allah untukmu." (HR. Muslim)

"Kok kakiku nggak sebagus dia ya?
"Aduuh, aku gendut banget sih!"
"RAmbutku kayaknya mau di rebonding aja ah!"
"Coba kulitku putih, pasti aku cantik!"
Pernah nggak sih kamu mengucapkan kata-kata itu?atau bahkan seringkali kamu menyesali diri. Kita semua memang seringkali tak puas dengan keadaan diri. Kita selalu saja merasa kurang di sana sini. Jarang banget manusia bisa menerima diri apa adanya. Banyak yang mengira segala hal dalam hidup selalu saja dikaitkan dengan penampilan fisik. Kamu membandingkan diri dengan orang-orang popular yang terlihat sempurna secara fisik dan dalam hal apapun. Semua cewek pengen jadi cantik (padahal cantik kan relative!). Nggak heran deh kalau kita semua sangat tertekan ketika menemukan kekurangan diri. Misalnya saja, Anis yang nggak mau keluar dari rumah hanya karena merasa badannya kian melar, bahkan mengatakan dirinya sendiri dengan sebutan "gajah bengkak." Akibatnya fatal, kian hari kian merasa tidak percaya diri dan memutuskan untuk tidak keluar rumah sampai dietnya berhasil. Kasihan yah dia? Huuummmm, seberapa penting sih kesempurnaan fisik bagimu? Kenapa kamu tidak berusaha mencintai dirimu dengan
segala kelebihan dan kekurangannya. Kalau kulitmu hitam emang kenapa? Bukankah banyak yang memuji senyum manismu! Kalau rambutmu keriting emang kenapa? Bukankah banyak yang bilang rambutmu sangat indah dengan gelombangnya! Emang kenapa kalo kamu gendut? Bukannya kamu punya banyak sahabat yang menyukai gaya humormu yang natural!
StOP! Hentikan kebiasaan menyiksa diri. Setiap orang sudah Tuhan ciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangan. Setiap manusia diciptakan dengan kadarnya masing-masing.Mulai dari sekarang kamu harus bisa menerima dirimu apa adanya! Love Your Self, plis!!!
Agar kamu bisa mencintai dirimu :
Ayo nilai dirimu dengan obyektif. Kalau kamu nggak bisa melakukannya sendirian, kamu bisa meminta bantuan sahabat, orang tua, atau orang lain yang bisa kamu percayai.
Bersikap dan bertindaklah dewasa dengan berpikir realistis dalam hal ini. Kamu tidak mungkin berharap ketika bangun tidur dirimu berubah menjadi artis idolamu. Jangan perlu menyesali keadaan diri berlarut-larut. Itu nggak ada manfaatnya, Karena sampai mati pun kamu akan menjadi dirimu.
Coba bandingkan dirimu dengan orang-orang yang kamu anggap 'kurang' darimu. Maka kamu akan merasa bersyukur. Biarpun kakimu nggak begitu indah tapi masih bisa kamu manfaatkan untuk berjalan, coba bayangkan bagaimana menderitanya orang yang tidak memiliki kaki.
Jangan memusatkan perhatian pada kekurangan, tapi pusatkan perhatian pada kelebihan seupaya kamu bisa memolesnya jadi prestasi yang membanggakan
Perluas wawasan dan ilmu pengetahuanmu agar kamu tidak melulu memikirkan fisik. Fisik nggak perlu kamu rubah, yang perlu kamu benahi adalah merawatnya dengan baik.

No comments: