21 December 2005

Hadapi MASALAH

"Orang yang shaleh selalu mendapat tekanan-tekanan." (HR. Al-Hakim)

Masalah..masalah..masalah…kadang-kadang kita merasa bahwa kita adalah orang yang paling bermasalah di dunia ini, orang yang paling tidak bahagia, orang yang tidak beruntung. Mulai dari masalah putus cinta, perceraian orang tua, temen yang bikin sebel, guru yang galak, atau secara materi sangat kekurangan. Uuups, masalah itu bikin kamu bete banget! Seringkali kita berharap tidak memiliki masalah apapun dalam hidup ini. tapi dasarnya kita cuman manusia biasa maka keinginan itu tidak mungkin bisa jadi kenyataan. Masalah akan selalu ada silih berganti. Namun jangan khawatir, sebenarnya bukan masalah yang membuatnya terlihat besar, justru cara pandang kamulah yang membuatnya terlihat berat. Sebagian besar masalah sebenarnya sangat sederhana, sayangnya kamu sendirilah yang suka panik dan akhirnya membuat masalah menjadi terlihat berantakan.
Salah satu cara menghadapi masalah adalah dengan mengenali masalah yang kamu hadapi. Tolong, pisahkan satu masalah dengan masalah lainnya. Masukkan dalam kotak-kotak terpisah di pikiranmu. Kemudian hadapilah masalah dengan solusi yang sudah kamu pikirkan dengan matang.
Kita memang dirancang untuk bisa memecahkan masalah dan menemukan cara baru dalam melakukan sesuatu. Masalah adalah bagian integral dari alam semesta yang memacu kita untuk belajar, mengalami, dan mengerjakan sesuatu. Bahkan para pemikir positif mengatakan bahwa masalah adalah kesempatan untuk belajar.
Bagaimana cara menghadapi masalah agar tidak menimbulkan masalah :
Kenali masalahmu. Pisahkan satu masalah dengan masalah lainnya. Jangan campuradukkan semua masalah dalam satu pundit pikiran karena itu akan membuatnya berantakan
Pikirkan akar permasalahan itu dari mana. Apakah penyebab masalh itu dari dirimu sendiri ataus esuatu yang tidak kamu kerjakan.
Pikirkan solusi dengan matang. Jangan memutuskan suatu masalah dengan tergesa-gesa dan penuh emosi. Memikirkan penyelesaian masalah dengan matang akan memberikan banyak manfaat.
Jangan lari dari masalah. Hadapilah masalahmu! Apapun masalahmu hanya akan terselesaikan dengan baik jika kamu mengambil tindakan untuk mengubah diri dan memperbaiki situasinya.
Cari dukungan. Kalau kamu punya sahabat, kenapa kamu tidak meminta bantuannya? Barangkali saja nasehatnya akan berguna. Dan kalaupun dia tidak memberikan saran apapun bukankah hatimu akan lebih lega dengan menceritakannya?
Ciptakan situasi yang menyenangkan dalam hatimu agar kamu tidak terjebak pada situasi buntu
Pandang masalah dari dua sudut. Jangan khawatir, di setiap masalah pasti ada makna yang terkandung di dalamnya. Segala sesuatu memiliki kandungan positif dan negative.

No comments: