21 December 2005

BERBAHAGIALAH siapapun dirimu!

"Yang paling pandai bersyukur keada Allah adalah orang yang paling pandai bersyukur kepada manusia." (HR. Athabrani)

Siapapun di dunia ini pengen bahagia! Saya, kamu, kita semua ingin bahagia! Lalu dimana ya kita cari kebahagiaan itu? Apakah kebahagiaan itu bisa kita beli? Berapa ya harganya? Well, kalau kebahagiaan itu bisa kita beli, pasti harganya mahal banget ya? Karena dengan kebahagiaan hidup kita bisa tenang, nyaman, dan menyenangkan.
Kamu juga menganggap kamu akan bahagia ketika kamu bisa mencapai apa yang kamu inginkan. Kamu akan bahagia ketika bisa berpasangan dengan Teuku Zaky, kamu bahagia ketika dibelikan mobil baru oleh orang tua, kamu pasti bahagia ketika bisa jadi model terkenal. Apakah sesempit itu kebahagiaan buatmu?
Dinar dan Maya merupakan sepasang sahabat. Mereka tumbuh dan besar di lingkungan yang berbeda. Dinar berasal dari keluarga kaya dengan kedua orang tua yang sukses, sedangkan Maya berasal dari keluarga sederhana dimana ayahnya merupakan pegawai level rendah di sebuah perusahaan. Yang membuat Dinar betah bersahabat dengan Maya adalah ketenangan Maya dalam menghadapi berbagai kesulitan hidup dan kebahagiaan yang terpancar dari sorot matanya yang cerdas. Ketika ditanya oleh Dinar, apa yang membuat Maya bahagia dengan kondisinya yang serba sulit, Maya menjawab bahwa dirinya tak pernah mempertanyakan pada Tuhan mengapa dia begini dan begitu, dia selkalu bersyukur dengan dirinya dan hidupnya apa adanya serta menjalani semuanya dengan baik.
Ternyata kebahagian bukanlah berasal dari terwujudnya segala keinginan kamu. kebahagian adalah ketika kita sudah bisa menerima diri kita. Menerima kenyataan dengan lapang dada. Kebahagiaan berasal dari dirimu sendiri. Siapapun kamu! sesuatu yang terlihat mudah padahal sangat sulit dijalankan. Tapi, tak perlu khawatir kamu akan bahagia jika mengupayakan berdamai dengan semua yang kamu miliki.

Beberapa langkah memperoleh kebahagiaan :
Miliki keinginan yang realistis dan tidak memberatkanmu
Perluas dan perdalam hubunganmu dengan banyak orang
Cobalah hal-hal baru karena dari sana kamu akan menemukan petualangan yang menyenangkan
Cintai dirimu apa adanya
Berusahalah untuk berada di dekat Tuhan, melakukan apa yang Dia suruh dan menghindari apa yang Dia larang

No comments: