Orang Lain Menilai Kita…

Agus Sutikno seorang Trainer Motivasi yang memiliki jam terbang tinggi, pagi tadi dalam sajian singkat di radio Eltira Yogyakarta menyatakan bahwa pada awal tahun 2005 beliau ditawari oleh lima perusahaan besar untuk menduduki posisi puncak salah satunya sebagai General Manager Marketing. Perusahaan-perusahaan yang menawarkan posisi itu, kesemuanya merupakan hasil rekomendasi dari orang lain untuknya.
Yang menarik adalah ketika dia berkesempatan bertemu dengan pemilik perusahaan, dia bertanya siapa orang lain itu? Ternyata salah satu diantaranya adalah hasil rekomendasi dari bawahannya yang kini menjadi orang penting di perusahaan itu.
Well, siapa yang mengira bahwa Marketing Executivenya dulu kini telah menjadi seorang General Manager dan karena dia akan mengundurkan diri, dia merekomendasikan beliau untuk menduduki jabatan itu.
Lantas, setelah mendapat kesempatan untuk bertemu dengan mantan bawahannya itu. Beliau bertanya mengapa dia merekomendasikan dirinya? Sang mantan bawahan menceritakan salah satu pengalaman menarik saat menjadi bawahannya. "Bahwa Anda sangat menghargai karyawan dan itu yang dibutuhkan karyawan untuk tumbuh berkembang."
Pengalaman saya sendiri adalah persis tahun ini juga, saya direkomendasikan oleh sahabat untuk mengabdi di beberapa perusahaan besar, bahkan salah satu diantaranya tidak peduli bahwa saya saat ini belum menyelesaikan sarjana, ketika saya tanya kenapa saya yang mereka rekomendasikan untuk jabatan itu, salah satu diantaranya menyatakan, "Because u are energic, taft, strugle, and smart. U are extra ordinary woman."
Saya tidak mengerti darimana beliau bisa menyimpulkan hal itu, terlebih mereka tidak secara berkesinambungan berhubungan dengan saya. Bahkan diantaranya adalah kawan lama.
Pelajaran yang dipetik di sini adalah bahwa sesungguhnya kita takkan pernah tahu kelak orang-orang yang berhubungan dengan kita menjadi siapa dan apa yang kita lakukan memang tak luput dari penilaian orang lain. Siapa pun! Jadi berbuatlah yang terbaik!

No comments:

Post a Comment