DIET EMOSI DALAM P E R N I K A H A N

Jangan nonton TV atau hatimu akan ngilu
Jangan nonton berita atau jiwamu ikut terguncang
Apa yang bikin ngilu dan terguncang?
Informasi tentang pernikahan yang tidak seperti sebuah pernikahan
Sebuah perkawinan tanpa memahami peran masing-masing
Perselingkuhan yang berbuntut pembunuhan
Seorang suami menjual istrinya
Perampokan yang dilakukan suami istri
Narkoba yang dinikmati suami istri
KDRT yang tak berkesudahan
Seorang istri menyiksa anak-anak karena marah pada suami
Suami atau istri yang meninggalkan anak-anak karena masalah ekonomi
Allahku, ngilu dan terguncang hati ini
Dimana peran imam dalam keluarga itu?
Dimana peran makmum dalam keluarga itu?
Saya jadi ingin menuliskan kembali peran Iman dan Makmum atau Suami dan Istri. Sewaktu saya akan dinikahi oleh suami 8 Agustus 2007 lalu, suami menghadiahkan saya sebuah buku berisi hak dan kewajiban suami istri dalam sebuah pernikahan
Darisana saya yang terbiasa dengan karakter keras, otoriter, mandiri, mulai memahami peran saya kelak sebagai istri dan praktek langsung setelah menikah. Mudah? nggak banget, tapi suami sangat lembut dalam meluruskan langkah makmumnya, masyaAllah terimakasih Pak Deky atas pendampingannya
Kalau saya asumsikan mengenai suami saya ini adalah beliau sangat disiplin dalam melakukan diet emosi selama pernikahan kami. Diet emosi, ya diet emosi, karena emosi mah selalu ada aja, tapi belajar diet emosi sangat membantu mengatasi beragam perasaan negatif selama pernikahan
Dan masalah diet emosi selama pernikahan pun saya belajar dari beliau, masyaAllah, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih atas 12 tahun ini, Pak Deky
Lalu, terkait diet emosi, seandainya semua pasangan paham mengenai hak dan kewajiban sebagai suami atau istri, saya yakin diet emosi ini lebih lancar dilakukan, saya akhirnya menuliskan ulang tugas Imam dan Makmum di catatan ini
Tugas IMAM
Maka suami adalah imam dan imam harus berperan dengan sesungguhnya seperti:
> Menafkahi
> Memperlakukan istrinya dengan lemah lembut
> Menyenangkan istrinya
> Jika istri salah pun, tegurlah dengan baik bukan memarahi atau membentaknya apalagi menalaqnya, sebab 3 kali talaq terucap sudah resmi berpisah di mata Allah
> Membawa keluarga dalam kebaikan di dunia hingga akhirnya bervisi masuk surga bersama-sama
> menjadi contoh bagi istri dan anak-anak dalam kehidupan sehari-hari
Tugas MAKMUM
Bagaimana dengan tugas seorang istri dalam hal ini makmumnya keluarga
Tentu saja seperti hal seorang suami, istri pun punya kewajiban
> Taat pada suami, patuh pada apa yang dikatakan suami, dan selalu meminta izin suami dalam melakukan apapun. Ketaatan perempuan akan meluluhlantakan hati suami sehingga akan semakin menyanyangi sang istri
> Tampil cantik di hadapan suami, tanpa alasan apapun. Penampilan menarik membuat sang suami akan semakin menyanyangi
> Berprilaku baik dan murah senyum, sebab senyum seorang istri melepaskan lelah suami. Rumah pun menjadi surga bagi sang suami
> menjaga kehormatan, harta, dan rumah. Mulailah bijak, sekecil atau sebesar apapun harta yang dititipkan suami, manfaatkan dengan bijak. Jangan juga buka aib suami di depan banyak orang
KErjasama antara IMAM dan MAKMUM
So, imam dan makmum terus menjaga dan menjalankan posisinya dengan sebaik mungkin, bukan saling menyalahkan, bukan saling mendorong ke arah keburukan, bukan saling membuka aib.
Kukuhkan pernikahan dengan keyakinan dan kedekatan pada Allah saja, Allah lagi, dan Allah terus. Dirikan sholat dan jadikan Allah peganganmu, akan meminimalisir segala bentuk konflik dalam pernikahan
Konflik dalam pernikahan selalu ada tapi karena Allah pegangannya maka akan semakin minim emosi yang dilibatkan dalam setiap konflik
Jika, ada komplain terhadap istri pun bisa diminimalisir dengan bentuk SOLUSI jangan pendek, menengah, hingga panjang, bukan hanya sekadar menyalahkan sang istri
Misal:
Istri saya kurang bisa dandan #terus jadi alasanmu buat lirik perempuan pintar dandan? NO!
Dandani saja istrimu
Belikan make up
Suruh nyalon
Kasih uang buat beli baju bagus
Kursusin cara ngurus badan dan wajah
Pasti jadi cantik!
EKH, saya dan sahabat saya bikin grup tutorial make up sederhana di grup tele. Mau ikutan, Mak? atau mau kasih tahu istrinya buat join? cuss aja kesini: https://t.me/joinchat/FqfJ1xVQEnL3iAHsDtj0yA
Istri saya nggak suka baca, nggak nyambung kalau diajak ngobrol #terus jadi alasanmu untuk lebih suka ngobrol sama perempuan yang engkau anggap cerdas gitu? NO!
Belikan buku
Ajak diskusi sampai nyambung
Bawa ke seminar-seminar
Lembut memberikan semangat belajar
Istri saya boros dan uang berapapun nggak pernah cukup #terus akan jadi alasan suami untuk stress dan melirik wanita lain yang terlihat smart financial? NO!
Ajari istrimu
Ajak diskusi dengan financial planner
Masukkan ke training keuangan
GUgah hatinya untuk menjaga harta suami sebaik-baiknya
KALAU memang uang tak cukup bukan karena boros, tapi penghasilan tak memadai, maka ajak istrimu bersama-sama menjemput rupiah dengan bahagia
Misalnya, berbisnis online dan memasukkan ke komunitas perempuan yang sedang sama-sama belajar mengais rupiah dari bisnis online
Bisa coba juga ke grup kunikitaKU, grup belajar berbisnis kuliner yang diinisiasi oleh kunikita.com
So,
Jika sang imam tahu kekurangan istri, maka lengkapi dengan kelebihannya, kelembutannya, dan ketegasannya yang tepat
Demikian juga jika sang istri tahu kekurangan suami, maka lengkapi dengan kelebihannya, tutupi aibnya, mendoakannya, dan dengan lembut mengingatkannya
Indah jika seperti itu meski memang tak akan seindah apa yang saya tuliskan, sebab sebuah pernikahan pun tak pernah lepas dari goncangan, tantangan, dan masalah namun yakinlah keyakinan dan sandaran pada Allah akan memudahkan setiap goncangan yang ada, bismillah, InsyaAllah
Daaan, sebagai hadiah pernikahan ke-12 tahun saya pun ingin tampil semenarik mungkin di matanya, aheeem, saya mengubah pola makan lebih sehat alhasil hari ini sudah turun 11 kilo dan masih punya target sehat dengan bonus langsing hingga stabil di timbangan 56 kilo. Kebiasaan apa yang saya ubah? saya akan banyak sharing polanya di grup telegram link ini https://t.me/joinchat/CsjjbRTB0VQPz_wonU8KUw, doakan juga pengalaman menurunkan berat badan ini saya jadikan sebuah SIMPLE BOOK yang akan jadi karya saya ke-76, bismillah
12 tahun pernikahan (8 Agustus 2007 - 8 Agustus 2019)
Tertanda,
Indari Mastuti
Untuk yang terkasih,
Ayah Deky Tasdikin

No comments:

Post a Comment