5 Kesalahan Manajemen Waktu




Sulitkah membuat manajemen waktu itu? 

Saya bilang tidak. Kita ini perempuan yang terkenal sebagai mahluk multitasking.  Apapun bisa kita kerjakan dalam satu waktu.  Berperan sebagai istri, ibu, sekaligus penulis, pebisnis, semua bisa dilakukan.  Sesibuk apapun kita jika waktu sudah termanajemeni dengan baik, kita akan selalu memiliki waktu untuk melakukan hal-hal positif, bahkan melakukan hal-hal baru dengan penuh kegembiraan. 

Dari beberapa diskusi dengan para perempuan, ternyata ada 5 kesalahan manajemen waktu yang seringkali merusak jadwal kegiatan yang sudah kita susun.  Silahkan simak yang berikut ini :
  1. 1. Seringkali banyak dari kita tidak membuat manajemen waktu secara tertulis, hanya berupa rencana di kepala saja.  Setiap hari, saya menyelesaikan pekerjaan rumah tangga tanpa dibantu asisten.  Untuk mengatur waktu saya sebagai ibu rumah tangga, penulis sekaligus pebisnis, saya menerapkan to do list management.  Saya mencatat semua aktivitas yang akan dilakukan setiap hari secara tertulis. 
  2. 2. Tidak menulis setiap pekerjaan yang harus dilakukan dengan detail. Selain detail, kuncinya adalah disiplin dan konsisten, karena tanpa kedua hal tersebut, to do list hanya sebuah coretan di atas kertas belaka. 
  3. 3. Tidak mengelompokkan pekerjaan yang sangat penting, penting dan tidak penting.  Coretlah pekerjaan yang tidak penting, prioritaskan waktu Anda untuk mengerjakan pekerjaan yang sangat penting dan penting saja.
  4. 4. Tidak secara rutin memperbaharui standar lamanya waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tiap pekerjaan.Terkadang ada saat-saat kita melakukan pekerjaan menjadi lebih cepat, lebih lambat, ataupun tiba-tiba ada hal-hal baru yang harus Anda lakukan.
  5. 5. Manajemen waktu Anda terlalu kaku.   Manajemen waktu memang dibuat sebagai standar harian yang harus dijalani, tapi bukan berarti Anda tidak bisa mengubahnya.  Dalam mengekseskusi to do list, saya selalu fleksible, mengingat situasi setiap hari kadang tidaklah sama.  Kuncinya adalah disiplin dan konsisten, karena tanpa kedua hal tersebut, to do list hanya sebuah coretan di atas kertas belaka. 

Setelah mengetahui 5 kesalahan manajemen waktu, saya yakin Anda akan semakin produktif dari hari ke hari.  Setuju?

No comments:

Post a Comment