5 Alasan Tidak Menggunakan Investor



Ingin bisnis tapi belum punya cukup uang.

Ingin bisnis tapi nggak ada yang mau jadi investor.

Begitu keluhan yang sering saya dengar dari para perempuan yang punya keinginan memulai bisnis.
Yakin bisnis harus pakai investor?

Saya bukanlah berasal dari keluarga yang bisa memberikan modal bisnis.  Modal saya peroleh dari gaji saya semasa jadi karyawan, itupun modal yang minim.  Saat itu yang saya lakukan adalah membuat business plan yang jelas dan disiplin dengan apa yang dirancang di atas kertas.  

Tidak mudah memang memulai bisnis dari nol.  Namun saya mempunyai keyakinan bahwa sepanjang kita berbisnis memang kita akan selalu nol, karena itulah kita harus terus belajar.

Mengapa saya tidak menggunakan investor? Mungkin itu pertanyaan Anda.  Berikut adalah alasannya :
1. Bisnis itu modal utamanya bukan uang, bisnis itu modal utamanya adalah keberanian untuk memulai bisnis.  Banyak yang mempunyai uang tapi nggak berani berbisnis. 
2. Selain keberanian, modal utama lainnya adalah kekuatan hati.  Jadi pebisnis itu harus tangguh. Kuat dalam segala hal.  Tidak ada orang yang lemah jika mereka memiliki hati yang kuat.
3. Suatu hari bisnis kita akan berkembang dan tentu kita ingin melesatkan bisnis kita lebih tinggi lagi. Untuk membuat bisnis kita semakin pesat bukan sentuhan investor yang kita perlukan, melainkan sentuhan kreativitas dan inovasi yang sangat tinggi.  Tanpa kreativitas dan inovasi, bisnis akan mati.
4. Kemampuan berbisnis tidak bergantung pada adanya  campur tangan investor.  Perempuan itu dianugerahi kemampuan yang multi.  Bisa mengelola bisnisnya dengan profesional walaupun dibangun di rumah.  Saya tetap bisa jadi Ibu Rumah Tangga tanpa kehilangan eksistensi sebagai perempuan pebisnis yang mengerti penuh tentang bisnis saya.
5. Bisnis untuk perempuan itu yang terpenting adalah restu suami.  Ini yang terpenting, sebesar apapun modal yang dimiliki nggak bakalan berhasil dengan sempurna tanpa restu suami.

Jadi ada tidaknya investor itu bukan alasan untuk tidak mulai berbisnis bukan?  Sudah siap berbisnis dengan modal yang Anda miliki sekarang?

No comments:

Post a Comment