Tolong, Saya Lelah Ditagih Utang

 Pernah Lelah ditagih utang? Saya pernah!

Yaps, saya sendiri sebelum zero utang termasuk pemilik buanyaak utang
Kok bisa teh?
Saya mau cerita dulu aaah…
Pemilik utang ternyata bukan hanya untuk yang nggak punya uang, saya malah mulai berutang pada saat sedang bagus-bagusnya di bisnis
Saya mulai kenal kartu kredit
Saya kendaraan
Saya KPR rumah
Saya utaaang semua dengan satu alasan: ah besok juga bisa bayar, bisnis kan lagi bagus
Atau alasan: kalau bisa ngutang kenapa harus cash, lumayan kan uang cash bisa buat yang lain
Alamaaak, tobat!
Ternyata itulah awal saya tergelincir dari satu utang ke utang lainnya
Kemudian, bisnis surut atau bisa dibilang bangkrut karena miss manajemen maka makin banyaklah utang, alasan berutang jadi jelas: buat operasional kantor misalnya bayar gaji
Gilaaaak, kan?
Sampai akhirnya saya Lelah…Lelah berutang
Satu persatu asset dari utangan diambil debt collector
Tiap hari telepon tagihan nggak berhenti
Gilaaaa, saya Lelah!
Lalu bukannya ngumpet, bukannya nangis, saya menyadari kesalahan
Ya, utang bukan datang gitu saja, saya ingin memperbaikinya
Saya niatkan: berapapun duit yang masuk saya akan bayarkan utang
Saya niatkan: bikin inovasi apapun di bisnis yang bisa datangkan uang buat bayar utang
Lalu, saya tobat dulu, tobat-setobatnya, saya janji takkan pernah lagi berutang
Lalu, saya susun punya utang ke siapa saja
Lalu, saya breakdown utang berapa dan akan dibayar kapan
Loh dibayar kapan? Emang punya uang? NGGAK ADA!
Tapi saya niatkan mau bikin gerakan apapun yang mendatangkan uang dan buat bayar utang
Lalu, saya buat celengan
Di depan celengan saya buat target
Uang yang harus dikumpulkan
Target nabung tiap hari
Tanggal terpenuhi uang buat bayar utang
Celengan jadi saksi, saya pebisnis online yang bukan nyimpen duit di bank malah narikin duit di bank di taruh di celengan hahaha
Tiap jualan, langsung saya masukan celengan
Tiap dapat duit, langsung masukan celengan utang
Sampai berjejer celengan saya buat bayar utang
Saya mulai bayar dari yang terkecil
Makin banyak yang kecil terbayar makin ringan langkah
Di penutup utang, saya bayar KPR yang sisa tagihannya 140 juta++ dengan membongkar dua celengan, salah satunya berisi uang 90jutaan lebih, langsuuuung saya dan suami capcuuus bereskan KPR, legaaaaaaaaaaaaaaa
Pernah punya utang sama seseorang dan cara nagihnya berasa bukan pernah jadi sahabat. Utangnya sebesar 80 juta dan akhirnya lunaaaas nasss, leganya kayak pecah bisul, meski akhirnya persahabatan kami pun ikutan bubar, hiks
Celengan menjadi saksi bisu kalau saya bisa bayar utang pakai celengan, Allahuakbar
Setelah lunas utang, langkah makin ringan
Setelah lunas utang, saya lebih leluasa melakukan apapun
Utang lunas, Lelah pun hilang, Allahuakbar
Mau coba lunaskan utang pakai celengan?
Salam lunas utang pakek celengan,
Indari Mastuti
Penggiat bisnis online
Penjual beragam jenis produk dan happy menjalankannya
Join pasukan penjual buku https://t.me/joinchat/TCGq49XidcuqaP9p
Join pasukan penjual celengan https://t.me/joinchat/DWAK4fmm5Mg0ODRl
Mungkin gambar uang

No comments:

Post a Comment