STAY AT HOME dan KETIKA BOSAN DI RUMAH

Kemarin anak saya dan temannya video call-an
#aku pengen segera sekolah #kata anak saya
#Ih aku bosan di rumah #sahut temannya
Dan obrolan yang bikin emaknya jadi mulai mikir lagi *apa yang bisa dilakukan di rumah agar anak nggak bosan* karena sifat dasar anak-anak adalah PEMBOSAN
Seorang Ibu harus KREATIF banget kalau kayak gini!
Akhirnya pagi ini saya mengubah pola #LEARNFROMHOME dengan sesuatu yang baru lagi dan harus selalu diperbaharui
Baiklah pagi ini suasana kembali bergairah dengan hal baru yang saya lakukan
@ MARI LUPAKAN DULU JADWAL HARIAN
Bisa jadi anak-anak emang sangat bosan dengan jadwal harian yang tertata rapi di dinding
Dia ingin lebih dinamis
Hari ini, ruang berantakan ada di kamar saya, padahal biasanya ada di kamar yang kami persiapkan sebelumnya
Ayahnya tanya *kok pada disini?*
Saya jawab *tak apaaaaaa*
Dan beneran kamar menjadi sangat berantakan
Si sulung dan si lelaki kecil mengerjakan tugas di kamar
Saya main dengan si bungsu
Kertas berantakan dimana-mana
Teriakan saling bersahutan, seruuuuu abiiiiissss
@ MEMBERI TUGAS BARU
Hari ini saya infokan pada anak-anak bahwa mereka akan membuat buku bersama dengan anak lain
Bukunya tentang apa yang mereka lihat dari ibunya dan ayahnya
Saya dan Nanit membuat outline bersama-sama
Ammar masih bingung dengan tugasnya, dan tugas Nanit mengajarkan Ammar mulai menulis
Mendengar memiliki buku, semangat mereka terlecut
Nanit membuat naskah duluan, lalu mengajarkan adiknya menulis
Semangat terlecut kembali!
@ MEMBUAT JADWAL HARIAN BARU DAN SEPAKATI BERSAMA
Evaluasi jadwal harian bersama
Sampaikan hasil evaluasinya
Dan buat kesepakatan bersama
Misalnya:
Awalnya jadwal mereka ngonline plus nonton TV 2 jam
Namun setelah dievaluasi maka akhirnya muncul jam online dan nonton TV 1 jam dengan pertimbangan
Kalau 2 jam ternyata terlalu lama dan tidak efektif, lalu jelaskan kesalahan mereka dimana
Meski anak-anak mengikuti hal ini tapi teteeeep ada step selanjutnya
@ MINTA MASUKAN ANAK MENGENAI IBU DAN BAPAKNYA
Kata Ammar, Bunda tegas banget
Kata Nanit, Bunda ah suka marah kalau aku salah
Ya ya ya
Lalu bikin perbaikan bersama
Apa yang biasanya bikin Bunda marah
Apa yang membuat Bunda harus tegas
Saya sampai cekikikan sama mereka pagi ini saat merumuskan hal ini wkwkwkk
Kali ini yang bikin mereka sebel dan bosan, Bundanya banyak peraturan wkwkwk
Akhirnya ya, bikin aturan baru yang bikin happy
@ BERIKAN KEJUTAN
Misalnya:
Ayah tiba-tiba membelikan es krim untuk kami semua
woaaaaa kami bahagia sekali
Sambil leyeh-leyeh makan es krim deh
Tiba-tiba keinginan anak dikabulkan tanpa ba bi bu
*Bun, aku pengen beli bahan makanan dari tokopedia* kata Nanit
Okeeeee
Dan dia terperangah, nggak nyangka dikabulkan 
Pagi ini Nanit pun beraksi di dapur bikin churos yang lezaaaaat
BTW, parents...
Nggak mudah emang menyamakan frekuensi dengan anak-anak
Orang tua dan anak-anak sudah berbeda zaman
Tidak mudah, tapi please jangan menyerah
Lakukan lagi sesuatu yang baru
Lakukan terus
Sampai ketemu pola terbaik bersama mereka
Semoga bermanfaat sharing saya ini,
*Indari Mastuti*
founder IBU SIAGA
#Nanit, sejak kecil suka memasak dan masakannya memang uenaaaaak, masyaAllah


No comments:

Post a Comment