Dari WA Bisa Nambah Reseller dan Naik Omzet


Semenjak menjadi ibu baru dan mempunyai peran baru, Cut Rifafitri Hanifah mengaku hampir lupa punya hobi apa karena memang fokus untuk mengurus anak yang baru sekitar umur 1 tahunan. Pasalnya, setelah menikah, alhamdulillah, langsung mendapatkan rezeki anak yang cepat. Tapi, menjadi ibu rumah tangga yang tidak bekerja itu membuatnya sempat bingung di rumah harus melakukan apa lagi? Lalu, tercetus untuk berbisnis online dari rumah yaitu sekitar tahun 2017 lalu.

Rifa atau Bunda Jehan, demikian sapaan akrabnya, mantap mengelola bisnis online shop di bidang fashion anak-anak dengan nama bisnisnya adalah @bocahgaya.id nih. Semua berawal ketika menjadi reseller dan menjual pakaian anak-anak. Lalu, mulai tahun 2018 memberanikan diri untuk stock di rumah dan mendirikan online shop tersebut. Kemudian, awal tahun 2019 membuat tantangan untuk diri sendiri yaitu menjadi agen brand beegirlviva.co serta brand coolbee. Ia pun menegaskan jika produk pakaian anak yang dijual itu berkualitas baik, harga terjangkau, bisa memesan dalam bentuk ecer, grosir dan partai, dan admin-nya fastresponse serta ramah.

Emak yang lahir dan besar di kota Cilacap ini mengaku kalau dulunya mengelola bisnis kurang maksimal. Misalnya, kondisi laporan keuangan tidak ada dan berantakan serta tidak ada pencatatan, dan meski reseller sudah punyaa hampir 90 saat itu tetapi bisa dikatakan mati suri. Apalagi masa-masa sulit adalah setelah lebaran tahun ini, yaitu pernah sempat 1-2 bulan tidak ada penjualan sama sekali. “Karena setelah lebaran memang bisnis pakaian anak sedang lesu, kami pun hampir menjadi lesu juga, dan sebelumnya saya belum pernah ikut kelas optimasi WA,” tulisnya saat wawancara online.

Emak yang lahir pada Maret 1993 lalu ini akhirnya bertemu dengan kelas bisnis BOW (Bimbingan Optimasi WA) di angkatan 4. Ia mengaku kalau mendapatkan banyak sekali ilmu, baik tentang omset dan profit (karena saat itu ia baru punya laporan keuangan dan rajin membuat laporan keuangan), materi checking financial sehingga langsung evaluasi keuangan olshop dan bisa menata budgeting untuk bulan berikutnya. Setelah itu, ia mencoba menyeleksi para reseller yang tidak aktif, dan fokus membina untuk para reseller yang aktif, sehingga lambat laun setelah optimasi makin bertambah dan banyak yang ingin bergabung menjadi tim reseller. “Setelah ikut kelas optimasi, saya juga mempunyai kebiasaan baru yaitu nyetatus WA setiap hari, walaupun nggak iklan setiap hari, tapi minimal saya ada nyetatus plus reply status temen-teman juga,” imbuhnya.

Bagi Emak yang sekarang berdomisili di Bekasi ini, indikator keberhasilan setelah mengikuti BOW yaitu mendapatkan beberapa reseller baru yang aktif, kemudian mendapatkan sub agen juga. “Kesan saya mengikuti BOW ini, selain nggak nyangka dapet hadiahnya, saya juga dapat teman baru, sahabat baru, dan satu lagi berawal dari teman kelas BOW dan berakhir menjadi partner bisnis,” pungkasnya.

Bagi yang ingin order, bisa ke:
WA: 0821 2454 9871
FB : Cut Rifafitri Hanifah



No comments:

Post a Comment

Adbox