BISNIS ADALAH LAHAN UNTUK BELAJAR

Bagi saya bisnis adalah lahan untuk belajar, salahsatunya adalah belajar memanajemen waktu
Manajemen waktu itu nggak boleh ngikutin alasan cara memaintenancenya
Misal, da teteh mah enak di kantor ada asisten, di rumah ada asisten jadi yaaa nggak repot
Oalaaaah jangan gitu dong ah, asisten itu pun ada setelah manajemen waktunya bener loh, karena ada asisten tapi manajemen waktunya masih carut marut, jobdesc asisten ikutan lieur hehehe
Ini yang selalu saya ceritakan dalam setiap sesi jika saya sedang berbicara di depan para mamak-mamak pebisnis, benahi dulu manajemen waktu biar bisa urus keluarga dan urus bisnis
Peran asisten untuk mengurus teknis, peran owner mengurus strategis. Jadi setelah ada asisten, saya memberikan semua pekerjaan teknis di karyawan, demikian juga di rumah saya berikan yang teknis banget ke asisten rumah tangga, misal cuci baju, nyetrika, cuci piring, ngepel,pokoknya hal yang menghabiskan waktu diurus asisten rumah tangga.
Saya? tetap berperan di rumah seperti menyiapkan sarapan, mengatur desain rumah, mengatur susunan baju (*yang kelak dilakukan asisten) intinya banyak ke pengaturan, teknis serahkan asisten
Di kantor juga sama, saya lebih banyak mikir apa yang akan dilaunching, strateginya, hingga saya menulis buku yang akan dijual di INDSCRIPT, sisanya mengurus flyer, stok, produksi, dll diurus oleh team lainnya
Tuh kan enak teteh mah ada asisten? tentu dan ada asisten dimulai dari KEBERANIAN MEREKRUT tanpa takut ngegaji, takut membina, takut membagi tugas, dan mau jadi leader super team
Kebanyakan pebisnis pemula takut rekrut, takut nggak bisa ngegaji, dan takut lainnya, PADAHAL sepanjang JOBDECS, SOP, dan KPI jelas, kehadiran orang baru seharusnya bisa menumbuhkembangkan bisnis.Takut? ya sampai kapanpun kerja sendiri dan jelas itu capeeeek lahir batin hehehe
Apa yang saya jelaskan disini ada di buku terbaru saya RESEP EMAK BERBISNIS DIJAMIN LARIS, teman-teman bersabar ya dapat bukunya, penerbit overload orderannya, InsyaAllah hari ini mulai pengirimannya
My NEXT BOOK yang akan dilaunching minggu depan adalah WANITA MENCIPTA SURGA yang merupakan duet saya bersama istri Walikota Bandung, Ibu Siti Muntamah
Nah, teman-teman selamat membagi tugas dengan asisten, ingat yaaa, teman-teman lakukan hal strategis, asisten berikan hal teknis, kalau misalnya asisten udah jagoan bisa kok pelan-pelan diberikan hal strategis seperti yang saya berikan pada wakil saya di perusahaan
Salam berbisnis ala emak-emak,
Indari Mastuti



No comments:

Post a Comment