26 September 2016

Cerita-Cerita Seru Saat Mendampingi Pebisnis



Teh, mau dong punya penghasilan jutaan kayak iklan Teteh.
Waaah boleh banget, kemonlah gabung di bisnis saya.
Gimana caranya? tinggal gabung saja?
Iya tinggal gabung aja, isi data dan siap kejar target ya.
Hah ada target ya? kirain nggak ada target apah-apa, saya serem kalau jualan ditarget!
(Saya mulai meriang). Atuh Mak, ntar darimana penghasilan jutaan kalau nggak ditarget jualannya?
Kirain santai-santai dapat penghasilan jutaan, Teh.. Ya udah nggak jadi gabung yah...
(Meriang beneran)
Mmm…menghadapi yang seperti ini mesti sabar, banyak yang ingin penghasilan jutaan nggak mau target! Aaaah saya meriang!

Lain lagi cerita seru saat mendampingi seorang pebisnis.
Dalam satu hari berpindah bisnis ini terjadi dalam proses pendampingan bisnis yang saya lakukan, "Teh, tiba-tiba saya mau ganti bisnis aja, karena pertanyaan Teteh nggak bisa saya jawab, mungkin saya nggak menguasai bisnis yang saya jalankan." lalu beliau memilih bisnis lain, dan saya kembali memberikan pertanyaan, "Aduh saya juga nggak bisa jawab, ternyata bisnis rumit juga ya? hmmm, ya sudah deh saya ke bisnis lama aja dan mau menggalinya lebih dalam."
Bagaimanapun juga kita harus bisa menjawab semua hal mengenai bisnis kita dan ini bisa dimulai dengan TERUS MENGGALI bisnis yang kita jalankan.

Bagaimana kalau omzet jeblok? Ya, harus digali masalahnya.
"Omzet saya jeblok teh" lapor seorang peserta pendampingan
"Kenapa?" tanya saya
"Soalnya banyak banget sekarang pesaingnya." jawabnya
Jangan salahkan pesaing, salahkan diri sendiri yang kurang menyiapkan diri dan STRATEGI dari PERSAINGAN sehingga akhirnya bisnis dikalahkan oleh mereka, mereka, dan mereka...
Ayo belajar lebih UNGGUL tak peduli kita dikepung ribuan pesaing, nggak peduli mereka menduplikasi bisnis kita.

Iya bener, bisnis apapun sekarang mah gampang banget diduplikasi, makanya muncul produk KW1, KW2, ampe KW12 *heuuu. Nah, yang membuat bisnis bertahan dan berkembang meski DUPLIKATOR mengintai dan mengikuti terus adalah dengan tidak berhenti melakukan INOVASI.
Inovasi yang dilakukan terus menerus bikin duplikator bingung mau gimana biar bisa menang, wong yang satu baru ditiru, yang baru dan baru lagi bermunculan *duplikator bisa pusing pala barbie kalau gini.

Jadi para pengusaha nggak usah khawatirkan persaingan yang membabibuta, fokus saja pada INOVASI yang akan ditelurkan, baik inovasi PRODUK atau SERVICE atau PROGRAM :)
Siap bersaing kaaaaaaan? Perempuan  Indonesia mah pastilah bisaaaaa!

No comments: