03 May 2016

Stres Bisnis, Pasti Ada! Ini 7 Tips Menghindarinya…

(Pemilik Daqu Sprey, Bahagia dengan Bisnisnya)


Stres bisnis, pasti ada! Stres merupakan hal yang lumrah dalam bisnis.  Entah karena tekanan yang datang dari dalam perusahaan ataupun dari berbagai macam pihak.  Stres dapat datang kapan saja. 
Lalu apa yang sebaiknya Anda lakukan?  Cobalah ikuti 7 tips menghindari stres bisnis berikut ini:
1.      Manajemeni waktu Anda.  Manajemen waktu yang berantakan akan memicu stress.  Multiperan sebagai ibu rumah tangga dan pebisnis mau tidak mau akan memicu stress jika tidak dimanajemeni waktunya dengan baik.   Waktu 24 jam seolah tidak cukup.  Ini bisa dihindari dengan membuat skala prioritas dan jadwal kegiatan Anda sehari-hari.
2.      Harus punya ME TIME.  Meski Anda mempunyai seabreg kegiatan di rumah dan di bisnis Anda, Anda tetap harus memasukan jadwal ME TIME dalam keseharian Anda.  Tidak perlu lama-lama, cukup 10 menit misalnya hanya untuk minum teh sambil baca buku.  ME TIME sangat dipercaya bisa merelease stres.
3.      Stres bisnis biasanya terjadi jika Anda hanya fokus pada materi semata.  Niatkan bisnis Anda untuk berbagi.  Berbagi manfaat, berbagi ilmu, berbagi apa saja. 
4.      Berbisnislah dengan bahagia. Cintai bisnis Anda.  Semakin kita mampu mengendalikan diri dan merasa nyaman dalam berbagai kondisi kita akan semakin cerdas dalam mengatasi stress
5.      ‘Bagilah’ stres Anda dengan seorang mentor.  Inilah pentingnya memiliki mentor bisnis.  Mentor adalah teman Anda curhat.  Mentor bisnis akan dapat membantu untuk menyelesaikan masalah-masalah bisnis Anda dengan lebih independen, karena mentor akan melihat bisnis Anda dari ‘kacamata orang luar’.  Mentor bisnis yang sudah merasakan jatuh bangunnya bisnis akan dapat memberikan nasihat bisnis yang tepat untuk Anda.
6.      Belajarlah setiap waktu.  Tak peduli sesukses apapun bisnis Anda sekarang, jangan berhenti belajar.  Bisnis adalah proses panjang yang harus Anda jalani.  Akan ada up and down sepanjang perjalanannya.  Belajar dan mengembangkan diri akan membuat tantangan yang ada di depan mata Anda lebih mudah dihadapi dan memastikan bisnis ada di jalur yang benar.  Anda akan terhindar dari stress yang berlebih jika Anda tetap berada pada jalur bisnis yang benar.
7.      Berdoa dan berserah diri.  Terakhir dan yang paling ampuh untuk menghindari stress adalah berdoa pada Sang Pencipta dan berserah diri.  Hanya Allah yang bisa memberikan ketenangan hati dan membuka jalan keluar dari segala persoalan.

Stres bisnis? Pasti ada! Tapi siapa takut?

No comments: