22 April 2016

Hei Kartini, Please Jangan Boros!

(Menerima penghargaan Kartini Awards tahun 2012)


Berkat perjuangan Kartini, wanita Indonesia kini bisa bebas memberdayakan dirinya.  Wanita berpenghasilan bukanlah hal yang aneh lagi.  Bahu membahu dengan suami untuk memenuhi kebutuhan keluarga adalah sesuatu yang wajar.
Namun, bisa berpenghasilan sendiri bukan menjadi jaminan Anda mampu mencapai semua tujuan keuangan Anda.  Pos pengeluaran untuk belanja, transportasi, pendidikan anak dan aneka pos pengeluaran bulanan maupun tahunan selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.
Nah, saat Pengeluaran Anda mengalami kenaikan? Apa yang Anda lakukan? Menambah penghasilan? Atau Mengurangi Pengeluaran?  Dua-duanya bukan perkara mudah. Tapi opsi kedua tampaknya lebih mungkin dilakukan sesegera mungkin.   Anda harus mulai hidup hemat alias tidak boros. Ooooo tidaaaak! Kata hemat seringkali menakutkan bagi sebagian perempuan.
Padahal hidup hemat tidak sama dengan hidup pas-pas an, hidup hemat adalah hidup yang sesuai dengan kemampuan, tidak berlebih-lebihan.
Apakah hidup hemat itu sulit?  Coba Anda simak gaya hidup berikut ini :
-          Membiasakan membawa bekal makanan dari rumah saat bepergian
-          Menjadikan menabung sebagai gaya hidup.  Saat Anda menerima penghasilan, langsung sisihkan sebagian untuk ditabung.  Jangan menabung hanya saat ada sisa saja.
-          Menghargai uang receh.  Seringkali kita mengabaikan keberadaan uang receh, padahal uang receh ya uang juga.
-          Menerapkan gaya hidup sehat.  Apabila Anda sakit, bagaimana bisa hemat? Pastikan Anda menjaga keseimbangan waktu antara jam bekerja dan istirahat.  Miliki pola makan yang sehat.  Berolahragalah.  Berolahraga demi kesehatan tidak selalu memerlukan biaya mahal.  Banyak pilihan berolahraga yang murah sekaligus menyenangkan.  Contohnya lari pagi bersama suami tercinta.
-          Memilah-milah antara kebutuhan dan keinginan.  Bagi kaum perempuan ini hal yang paling sulit.  Godaan diskon seringkali membuat kita melakukan impulse buying.  Selalu siapkan catatan belanja dari rumah dan tentukan juga maksimum uang yang akan Anda belanjakan setiap kali pergi ke mall.
-          Membiasakan membuat personal/family budgeting untuk semua kebutuhan kita.  Sekarang ini banyak aplikasi di gadget yang akan membantu Anda membuat dan mengontrol budgeting Anda.

Nggak susah kan? Hidup hemat? Siapa takuuut!

No comments: