9 Alasan Kenapa Perempuan Harus Menulis

(Menjadi pembicara bersama Alberthein Endah di acara Femina Writing Clinic)


Dari waktu ke waktu menulislah dan menulislah.  Itulah ajakan saya pada semua perempuan. Menulis itu pekerjaan yang menyenangkan yang saya lakukan dan harus anda lakukan.  Apa alasan kuat yang saya mendorong perempuan untuk menulis?
1.      Sebab saya sudah menjadi penulis sejak remaja dan merasakan asyiknya menulis, maka saya ingin Anda juga merasakannya
2.      Sebab saya berhasil menjadikan sebuah hobi menjadi profesi dan kalau saya bisa Anda juga pasti bisa
3.      Sebab menulis tidak ada batasan usia kapan mulai dilakukan dan menulis tidak identik dengan seberapa tinggi pendidikan Anda.  Semua orang dengan latar belakang pendidikan apapun bisa menulis
4.      Sebab perempuan memiliki keterbatasan gerak dan waktu untuk memiliki profesi lainnya, hanya sebagai seorang penulis Anda bisa melawan keterbatasan ini
5.      Sebab setiap perempuan memiliki potensi menulis yang bisa menjadi jalan produktivitas.  Jangan lupa menjadi IRT tetap bisa produktif dan produktivitas tidak selalu berbisnis
6.      Sebab menulis bukan hanya mampu mencerdaskan diri tapi juga menstabilkan emosi, menulis dapat membuat saya lebih positif dan berpikir ke depan
7.      Sebab teknologi memungkinkan semua orang untuk belajar dari rumah, jadi tak ada alasan lagi Anda tidak punya kesempatan belajar menulis
8.      Sebab menulis adalah untuk keabadian, Anda akan tetap ada saat Anda sudah tidak ada di dunia ini.  “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah.  Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” (Pramoedya Ananta Toer)
9.      Sebab menulis bukan hanya sekedar urusan duniawi semata, melainkan juga untuk kebaikan dan manfaat bagi sesama. “Sebaik-baiknya manusia di antara kamu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (H.R. Bukhari)
Luar biasa kan? Memang menulis itu tidak mudah.  Menulis butuh komitmen yang kuat.  Komitmen akan tercipta jika kita mempunyai motivasi dan juga alasan, mengapa kita harus menulis.  Apakah setelah membaca tulisan saya ini, alasan Anda untuk menulis menjadi semakin kuat? Semoga...


No comments:

Post a Comment