29 April 2016

7 Cara Memelihara Motivasi Menulis

Dalam kegiatan pemberdayaan perempuan di sekitar lokasi perusahaan dengan visi mencetak 30
agen perubahan dari kalangan perempuan melalui aktivitas menulis, saya dan para perempuan saling bersinergi satu sama lain.

Saling mendukung
Saling mendorong
Saling melengkapi
Saling menyempurnakan
Salah satu cara kami saling mendukung adalah dengan saling mengingatkan.
Saling mengingatkan dalam segala hal, termasuk untuk tetap konsisten menulis.

Keahlian saya hanya di dunia penulisan, saya bukan ahli parenting, bukan ahli masak, bukan ahli di dunia craft, sekali lagi hanya di dunia penulisan.

Saya selalu berharap kebersamaan saya dengan para perempuan yang juga mempunyai passion menulis akan membuat kami semua lebih mudah memelihara motivasi menulis kami.

Apa penting memelihara motivasi menulis?  Tentu saja.  Motivasi yang besar akan membuat  seorang penulis akan selalu konsisten menulis dan tak pernah merasa bosan untuk menulis. 

Berikut akan saya berikan 7 cara memelihara motivasi menulis untuk Anda semua :
1.       Tak ada seorangpun yang tidak ingin dirinya produktif, termasuk Ibu Rumah Tangga.  Yakinlah produktifitas seorang Ibu Rumah Tangga tidak selalu harus BERBISNIS, produktivitas lainya bisa digali dari HOBI MENULIS.  Keyakinan ini akan membuat Anda terus menulis.
2.      Tentukan visi, misi dan tujuan Anda sebagai penulis, dengan demikian Anda akan selalu tertantang untuk mewujudkannya dengan tetap menulis.
3.      Berikan reward pada setiap prestasi yang Anda raih untuk meledakkan kembali motivasi Anda.
4.      Berikan kebebasan bagi diri Anda dalam menulis, jangan terbebani oleh batasan-batasan.
5.      Berikan pengalaman baru dalam proses menulis Anda.  Misalnya ketika Anda bosan menulis tema A maka Anda bisa mencoba dengan tema B.
6.      Ikuti pelatihan-pelatihan menulis baik secara online dan offline.  Anda harus terus belajar untuk menjadi lebih berkembang secara skill.
7.      Bergabung dengan komunitas penulis dan penerbit untuk mengikuti diskusi-diskusi ringan.  Selain bisa memacu semangat kita untuk terus menulis, diskusi dengan sesama penulis maupun penerbit bisa mengasah pemikiran outside to inside.  Terutama kemampuan untuk melihat kebutuhan pasar.  Sehingga seorang penulis bisa membuat strategi untuk meningkatkan skill menulis dan menghasilkan karya yang menarik serta mudah diserap pasar.

Nah, lakukan ke 7 hal tersebut sesegera mungkin, agar motivasi menulis Anda terus terpelihara.

No comments: