12 January 2014



Mengobrol dengan Razi Thalib memang sangat menyenangkan. Lelaki muda ini tidak pernah habis-habisnya mencurahkan ide di dunia digital. Pantas sekali dengan bidang yang ditekuninya saat ini, Digital Agency. 

Ya, Razi Thalib merupakan pendiri agensi digital bernama Bridges & Balloons Digital Agency (BBDA) mengatakan bahwa nyaris tidak ada satu pun aspek kehidupan yang tidak tersentuh oleh sarana digital. “Mulai dari urusan kantor, rekreasi, kehidupan sosial, keluarga, pendidikan, bisnis, keuangan… apapun. Semuanya tak lepas dari penggunaan teknologi digital,” ujarnya.
Mendengar hal ini, saya langsung ingat pada perempuan di masa kini. Internet memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan perempuan di era sekarang. Melalui internet ibu-ibu bisa belajar tentang apa saja tanpa perlu keluar rumah, tinggal SEARCH dan DONE! :)
Bukan hanya belajar, bersahabat baikpun bisa dilakukan dari rumah. Menambah jumlah sahabat melalui facebook dan berbagai social media lainnya tanpa terbatas waktu dan jarak.
Jika kembali di era tahun 1980 hingga 1990-an, teknologi digital yang digunakan di Indonesia mungkin masih terbatas pada kalkulator, radio, televisi, dan komputer dengan pengguna yang sangat terbatas. Namun kini, penggunaannya memang semakin pesat, seiring dengan semakin meningkatnya laju perkembangan teknologi tersebut.

Razi menyatakan teknologi digital tercipta untuk mempermudah segala urusan dalam hidup manusia. teknologi Digital bukan hanya mempermudah hidup seluruh perempuan untuk tetap berkembang hebat meski mereka tidak punya waktu keluar rumah. Teknologi ini diciptakan untuk efisiensi dan efektivitas waktu perempuan untuk tetap bertumbuh sesuai dengan keinginannya bahkan bisa jadi di luar dari ekpektasinya. Bukan hanya masalah waktu, melalui teknologi digital perempuan bisa menyerap banyak ilmu tanpa bayaran. Jika ingin belajar berbahasa Inggrispun sudah tidak perlu les lagi, namun cukup mengikuti situs belajar bahasa Inggris yang interaktif.
“Yang menjadi tantangan sekarang ini adalah, bagaimana menggunakan segala kemudahan tersebut secara optimal, dengan memprioritaskan tujuan serta merancang konten yang sesuai,” ujar Razi Thalib.

Konten serta desain inilah yang menjadi fokus dari BBDA, yang mengkhususkan diri dalam merancang sistem digital bagi perusahaan bisnis maupun berbagai lembaga, termasuk lembaga pendidikan dan layanan publik. “Tanpa konten jelas, orang tidak akan menangkap esensi dari sebuah bisnis. Demikian pula jika sistemnya tidak efisien, maka bisnis tersebut bisa mengalami kerugian sangat besar,” ujarnya. 

Bicara masalah bisnispun, para perempuan kini memang bersahabat baik dengan digital. Mereka membangun bisnis serba online yang dikerjakan dari rumah. Hasilnya? jangan tanya! banyak yang berhasil membangun bisnis dari rumah, seperti sahabat saya Roza Rianita yang mengkhususkan dirinya di bidang craft, sukses meneguk untung dari rumah meski hanya bermodalkan sebuah blog http://mommycreative.blogspot.com/2013/03/kursus-seserahan-dan-mahar.html dan fanspage https://www.facebook.com/MozzaWeddingHouse. Roza sendiri selain berbisnis secara online, dia terus mengembangkan keterampilan para ibu dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan craft rumahnya sendiri.

Ada juga, Rochma Firdaus. Ibu satu putri ini memutuskan resign dari pekerjaan dan membangun bisnis di bidang craft “boneka jari” melalui facebook dan fanspage. fanspagenya dengan nama Rahma Handmade di link  https://www.facebook.com/RahmaHandmade memberi penghasilan yang tidak sedikit. Minimal 60 pasang boneka jari dikerjakannya setiap hari.
Bukan hanya bisnis, banyak perempuan lain mengembangkan diri di bidang kepenulisan, parenting, dan bidang lainnya melalui teknologi digital. Mira Julia, pemenang Perempuan Inspiratif Nova 2013 merupakan salah satu ibu yang menjadi pencetus ruang belajar online. Berikut ini saya copas postingan beliau di grup Perempuan Inspiratif Nova, “Untungnya sekarang kita hidup di zaman internet yang memberikan banyak kemudahan untuk tetap beraktivitas dan berkarya dari rumah. Saya belajar dan mendapatkan macam-macam hal melalui Internet, mulai materi belajar anak-anak (www.RumahInspirasi.com), jaringan pertemanan, kegiatan sosial (www.PelangiNada.com,www.IbuProfesional.com), hingga kegiatan bisnis dan profesional yang mendatangkan penghasilan (www.DigitalMommie.com). Yuk manfaatkan Internet untuk karya kita supaya bisa semakin bermanfaat bagi sesama dan semesta.”
Nah, teknologi digital benar-benar sahabat perempuan masa kini, bukan? ^__^

No comments: