06 December 2013

ENJOY MEREVISI NASKAH

Setelah beberapa bulan menulis naskah ditambah menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan kepastian bahwa naskah tersebut diterima oleh penerbit, ada kalanya Anda akan mendapatkan jawaban seperti ini dari penerbit, “Naskah yang telah Anda kirimkan kami terima dan kami tertarik untuk menerbitkannya, akan tetapi ada beberapa hal yang harus direvisi.....”

Merevisi naskah merupakan hal yang sangat tidak menyenangkan, pasti semua penulis menyepakati hal ini. Belum lagi deadline yang ditentukan oleh sang editor, “Kami beri waktu untuk merevisi bab 2 (15 halaman) 2 hari, terima kasih.”

Merevisi identik dengan menguras energi, mengalokasikan sebagian besar waktu, dan membuat galau. Hal-hal tersebut wajar, akan tetapi apa jadinya jika Anda tidak merevisi atau tidak menepati deadline? Bisa saja pihak penerbit membatalkan niatnya untuk menerbitkan buku Anda dan karier Anda sebagai penulis buku akan berjalan di tempat.

Untuk merevisi sebaiknya Anda tidak melihat kepada prosesnya yang tidak menyenangkan, akan tetapi lihatlah kebaikan jangka panjang. Jadikanlah merivisi naskah sebagai pelecut bagi Anda untuk terus berkembang dan jadikan sebagai ajang pembelajaran Anda. Atur waktu Anda, jika kiranya waktu yang diberikan tidak cukup lakukanlah negosiasi, akan tetapi Anda harus menepati waktu yang telah disepakati tersebut, dan jangan banyak memberikan alasan.

Lakukanlah revisi dengan se-enjoy mungkin dan jadilah penulis yang dicari-cari oleh penerbit.

No comments: