13 July 2013

INOVASI dan Proses Belajar....




Indscript Creative dari waktu ke waktu terus berkembang. Tahun 2013 adalah awal yang paling berat untuk kami. Berat yang kami maksud disini adalah berat untuk belajar mengejar INOVASI terbaru kami di bidang jasa dan branding. Maka, tidaklah heran kemudian kami harus merekrut team yang benar-benar siap mengejar target kami setiap saat. 
Saya sendiri pendiri Indscript jauh lebih berat untuk belajar lebih banyak dan banyak belajar tentang apa saja. Jasa layanan Indscript yang awalnya hanya sebagai agensi naskah sudah bermetamorfosa dengan beberapa lini jasa seperti Personal Branding, Media Relations, Speakers Management, dan beberapa jasa lainnya.
Namun, inilah bisnis! Meski berat namun saya menikmati proses belajar ini. Lagipula, banyak hal yang bisa didapatkan dari sebuah proses belajar. Selain diri kita yang terus mendapatkan tambahan ilmu, juga bisnis yang diharapkan akan menjadi bisnis turun temurun ini akan terus berkembang.

Indscript dari tahun ke tahun...

Tahun 2007
Berawal dari hobi, Indari Mastuti mencoba untuk memulai profesinya sebagai penulis. Pada tahun ini, brand yang digunakan masih dengan nama INDARI MASTUTI sebagai penulis lepas di sejumlah penerbitan nasional, salah satunya grup Kompas Gramedia. Seiring dengan perkembangan kebutuhan jasa penulisan yang diminta kepada Indari, ia pun mengemas profesinya ini menjadi bisnis. Pada akhirnya menjadi wadah bagi penulis lain untuk lebih produktif dalam menulis melalui project penulisan yang diminta oleh para penerbit.

Tahun 2008
Awal 2008, nama Indscript Creative mulai muncul dan disosialisasikan ke berbagai jaringannya. Mengusung nama “Ind” yang berasal dari Indari,  “script” artinya tulisan, dan “creative” artinya kreatif. Agensi naskah yang memosisikan diri sebagai agensi naskah nomor 1 di Indonesia ini terus berkembang dengan sangat pesat. Masuknya klien-klien baru disebabkan kekuatan dari word of mouth dari satu klien ke klien yang lainnya membuat Indscript Creative meningkat baik secara omzet, jumlah klien, hingga jumlah produksi buku.

Tahun 2009
Indscript Creative terus menjadi trendsetter dengan hadir dan menjamurnya agensi-agensi naskah di Indonesia, mulai dari yang diatur secara personal maupun manajemen. Pada saat ini, tim Indscript Creative semakin berkembang. Awalnya, dikelola satu orang hingga meningkat menjadi 16 orang dengan ratusan jaringan penulis, jumlah klien lebih dari 30 penerbit, serta produksi buku hingga 60 buku per bulan.

Tahun 2010
Untuk pertama kalinya Indscript Creative diberikan penghargaan. Indari Mastuti menjadi Perempuan Inspiratif Nova 2010 karena bisnis agensi naskah ini dinilai menjadi suatu bisnis yang unik, mencerdaskan, dan menginspirasi perempuan Indonesia. Pada tahun ini, produksi naskah mulai berkurang dikarenakan fokus pada kualitas produk dan bekerjasama dengan berbagai penerbit ternama di Indonesia seperti Gramedia Pustaka Utama.
Tahun ini, tepatnya bulan Mei 2010. Indscript Creative dan Indari mencetuskan komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN), di mana komunitas ini menjadi pusat pembinaan bagi penulis baru khususnya ibu rumah tangga. Komunitas ini terus berkembang pesat dan kini telah memiliki anggota sebanyak 5.600 orang.

Tahun 2011
Penghargaan demi penghargaan didapatkan oleh Indscript Creative. Agensi naskah ini membawa Indari sebagai pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2011, sebuah kompetisi bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri.



Tahun 2012
Pengubahan manajemen Indscript Creative telah mengubah banyak hal di agensi naskah ini, salah satunya adalah melakukan personal branding dan corporate branding membawa Indscript pada pencapaian berbagai penghargaan seperti Kartini Awards versi Surabaya Plaza Hotel 2012, Wanita Wirausaha Femina 2012, Kartini Next Generation 2012, dan Kartini Awards versi Majalah Kartini 2012. Indscript Creative juga mendapatkan liputan dari berbagai media cetak, seperti Nova, Kartini, Femina, Republika, Hidayatullah, Ummi, Digest & Reader Indonesia, Good Housekeeping, Wanita Indonesia, Pikiran Rakyat, Jawa Pos, dan berbagai media populer di Indonesia.

Tahun 2013
Setelah keberhasilan melakukan personal branding dan corporate branding inilah, maka pada tahun ini Indscript Creative mengepakkan sayap lebih luas dengan meluncurkan, “Personal Branding Agency” bersama Chairman professional di bisnis Internasional, Wempy Dyocta Koto.

No comments: