30 May 2013

MUNGKIN TIDAK SEKARANG TAPI DI MASA DEPAN, BISA JADI!

Tahun 2004 saya kenal dengan seorang EDITOR di salah satu lini Kompas Gramedia karena saat itu kebetulan sekali salah satu naskah saya diACC di penerbit tersebut. Perkenalan sebagai penulis dan editor terus berlanjut dengan terjalinnya KEAKRABAN sebagai sahabat.
Sebagai sahabat, kami tidak pernah sungkan saling memberi masukan untuk perbaikan proses penulisan naskah saya, kerapkali beliau mengkritik dan saya hanya "nyengir" karenanya. Sekalipun saya tidak pernah merasa tersinggung atas arahan dan kritiknya.
Tahun demi tahun berlalu, meski saya tidak lagi produktif menulis di penerbitan tersebut ----karena tahun 2007 saya mulai sibuk dengan agensi naskah--- hubungan kami tetap berjalan apik. Kami rajin diskusi tentang dunia buku, promosi buku, dan hang out bareng sekadar melepas kangen. Pada saat itu, tidak pernah saya menawarkan jasa agensi naskah padanya.
Pada tahun 2010, setelah 3 tahun agensi naskah saya berjalan. Tiba-tiba dia memesan belasan naskah perbulan pada kami. Dan........inilah yang saya pelajari dari sebuah keistimewaan NETWORKING. Mungkin tidak dalam waktu dekat memberi dampak, tetapi di masa depan BISA JADI inilah yang menyumbang OMZET terbaik bagi perusahaan kita.

--------------------Indari Mastuti-----------------------

No comments: