25 September 2010

Tetap Eksis di Tengah Persaingan!





Bisa dibilang di berbagai jenis usaha atau industri, persaingan semakin menggeliat ketat!

Katakanlah Anda menjadi salah satu pengusaha di bidang A, pada saat Anda mendirikan usaha tersebut masih sepi pesaing, ketika satu dua tahun kemudian mulai bermunculan rival yang semakin ganas memakan kue pasar Anda. Anda ciut atau makin mencuat?
Selamatkan bisnis Anda dengan melakukan berbagai terobosan. Tetaplah eksis di tengah persaingan! Jangan ragu untuk melakukan sebuah perubahan demi menyelamatkan bisnis Anda. Seorang pengusaha kue kering melakukan banyak perubahan pada jenis kuenya sehingga bisa dibilang beda dengan penjual kue lainnya, terus bereksperimen mendapatkan produk unggulan yang bisa mengganti produk yang sudah “pasaran” di lapangan. Tak heran, nama-nama kue saat ini terasa aneh di dengar tapi itulah yang membuat orang penasaran ^_^. Makin kreatif Anda mengemas produk makin eksis Anda mengambil “kue” jatah Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mengenali siapa rival Anda. Makin Anda tahu mereka, makin Anda tahu solusi apa yang akan Anda lakukan.
Siapakah rivalku ?
Berapa banyak rival yang saat ini ada?
Apa kelebihan mereka?
Apa kekurangan mereka?

Boleh saja Anda bilang perusahaan Anda paling berkualitas secara produk tapi jika lawan Anda berkualitas secara promosi, maka Anda harus berpikir ulang untuk tetap sombong ^^

Mulailah untuk melakukan perubahan dengan berbagai ancaman dari peserta baru di bisnis Anda dengen beberapa trik;

1. Tingkatkan Kekuatan Promosi Anda
Promosi itu penting! Lakukan promosi yang tepat dan aktif. Jika Anda merasa tidak memiliki budget berlebih untuk promosi, lakukan solusi menggiatkan promosi tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, misalnya dengan kerjasama atau aktif di jejaring sosial.
2. Benahi SDM Anda
Mulailah melihat kondisi internal perusahaan Anda. Jangan salahkan eksternal terlebih dahulu. Cek kembali apakah kekuatan SDM Anda sudah kuat untuk bersaing ketat. Jika tidak? Segera benahi! Anda membutuhkan barisan pejuang bukan karyawan kategori standar!
3. Tingkatkan Pelayanan Anda
Apakah rival Anda pelayanannya jauh lebih baik dibandingkan perusahaan Anda? Ketahuilah itu. Sebab jika itu masalahnya, siapkan langkah untuk menyiapkan peningkatan pelayanan Anda pada klien/konsumen.
4. Mencari Tahu Kebutuhan Pasar
Jangan seperti katak dalam tempurung. Riset harus Anda lakukan terus menerus untuk mengetahu kebutuhan pasar yang terus berubah. Cari tahu pasar sedang membutuhkan apa dan lakukan keputusan untuk merebut pasar tersebut.
5. Lakukan Inovasi
Jangan berhenti melakukan inovasi secara kreatif! Tanpa inovasi bisnis Anda akan mati!

**Selamat Bersaing!**

No comments: