25 December 2009

2010, Tahunnya Orang-orang Kreatif!

Apa yang sudah Anda siapkan menyambut tahun 2010? Apakah Anda sudah menyiapkan resolusi hidup Anda di tahun depan? Sudah menyiapkan bisnis yang akan Anda kelola? Menyiapkan mental untuk semakin tangguh bertarung di jagad persaingan? Atau Anda malah memiliki rencana lain yang tak kalah dasyat dengan orang-orang yang Anda idolakan. Apapun rencana Anda satu hal yang tidak bisa Anda lupakan adalah POLA PIKIR KREATIF!
Rencana apapun yang Anda siapkan di tahun 2010 kunci keberhasilan Anda ada di pola pikir kreatif yang Anda miliki. Tahun 2010 Anda akan bersaing ketat untuk mewujudkan rencana Anda, jika Anda tidak pandai berimprovisasi maka Anda akan kalah.
Apa yang dimaksud dengan cara berpikir kreatif? Adalah sebuah pola berpikir yang diimbangi dengan antusiasme dan gairah dalam mencapai target yang diinginkan dengan konsep yang lebih cemerlang dan ‘berbeda’ dari konsep orang lain.
Ya, orang kreatif tidak hanya takjub dengan ide-ide yang dia lihat dan dengar, tapi dia selalu melihat peluang untuk mengemas ide yang sudah ada menjadi lebih ‘bombastis’ atau malah dia selalu berusaha menciptakan ide-ide yang memang belum ada di lapangan. Ide-ide cemerlang yang keluar terus menerus, mengasah langkah lebih terarah, dan tentu selalu ‘out of the box’ sehingga selalu mengundang orang untuk ingin tahu.
Kenapa Anda butuh pemikiran yang kreatif?
1. Jika Anda memiliki pemikiran kreatif maka Anda akan dapat melalui berbagai masalah atau hambatan dalam hidup Anda dengan solusi-solusi yang kreatif
2. Jika Anda berada dalam zona persaingan maka Anda akan menghadapi banyaknya orang dengan ide, konsep, produk, atau apapun yang sama dengan Anda. Oleh karena itu jika Anda tidak kreatif mengemas ide-ide Anda untuk menjual produk Anda maka Anda akan kalah dalam persaingan.
3. Jika Anda adalah seorang karyawan maka yang membedakan Anda dengan karyawan lainnya adalah pemikiran kreatif Anda dalam mencari terobosan untuk memecahkan persoalan menyelesaikan tugas Anda.
4. Jika Anda adalah seorang manusia dengan berbagai masalah. Maka Anda tidak pantang menyerah dengan persoalan Anda. Orang kreatif akan menyelesaikan persoalannya dengan baik!
Melihat keuntungan dari pola berpikir kreatif tentu membuat Anda ingin segera memiliki pola pikir itu. Masalahnya membentuk pola berpikir itu bukanlah sesuatu yang gampang, apalagi jika Anda berada pada posisi yang nyaman, bebas hambatan, dan berada dalam lingkungan bisnis memonopoli. Ya, memang kebanyakan orang kreatif itu muncul dari lingkungan yang penuh persaingan sehingga semua berpikir bagaimana menjadi yang terbaik dalam berbagai situasi. Baiklah, ada tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk melatih pola berpikir ‘biasa’ Anda menjadi lebih kreatif dan selanjutnya terus kreatif.
1. Tentukan target hidup Anda. Jika Anda sudah memiliki tujuan hidup yang lebih dibandingkan kenyataan hari ini maka Anda akan memiliki motivasi untuk menerjang apapun yang ada di hadapan Anda untuk mewujudkan target Anda. 
2. Bergabunglah dengan orang-orang yang kreatif. Tentu tak sekedar bangga bisa bergabung dengan mereka, PR Anda terbesar adalah bagaimana menyerap energi kreatif mereka sehingga pada akhirnya Anda bisa menjadi salah satu orang kreatif dalam lingkungan itu.Temukan motivator dalam hidup Anda yang membuat Anda bersemangat untuk mengikuti jejaknya
3. Bersikaplah santai. Jika Anda ingin menemukan kreatifitas Anda, jangan memforsirnya terlalu keras, karena justru dengan sikap santai Anda, tentu sambil terus mengamati Anda akan menemukan ide-ide yang dasyat.
4. Ambillah resiko yang ada di hadapan Anda. Mengambil resiko bukan berarti Anda nekad. Tapi Anda sudah memperhitungkan dampak negatif dan positifnya, dan dari sanalah Anda belajar untuk mematangkan langkah selanjutnya
5. Ubah sudut pandang Anda melihat setiap masalah. Kebanyakan orang memandang masalah sebagai hambatan, orang kreatif memandang masalah sebagai peluang. Ya, peluang untuk menciptakan ide-ide kreatif dalam memecahkan dan sebetulnya apapun dalam hidup Anda bisa mencetuskan ide dan peluang baru
6. Keluarlah dari kebiasaan Anda. Jika Anda sudah memahami bahwa kebiasaan Anda tidak baik, kenapa tidak dari detik ini berubah dan keluar dari kebiasaan itu? Terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali. Mulailah bebenah diri untuk melakukan perubahan hidup Anda.
Ciri-ciri orang kreatif:
1. Memperbaiki Kesalahan
Jangan terlalu merasa kecil hati jika Anda telah berbuat kesalahan. Baik kesalahan pada bisnis Anda atau pribadi Anda sendiri, sebab kesalahan itu justru akan menjadi guru Anda di masa mendatang. Salah satu ciri orang kreatif adalah memperbaiki kesalahannnya dengan sesuatu yang lebih berguna. Melakukan perbaikan di setiap sisi hidupnya dan selalu melakukan yang terbaik.
2. Melakukan Perubahan
Tidak ada yang abadi di dunia ini selain perubahan. Jika Anda tidak berubah maka Anda akan tertinggal dan tergerus zaman yang serba cepat ini. Orang kreatif bahkan lebih cepat berubah dibandingkan orang disekelilingnya. Menjadi pendobrak dibandingkan pengikut. 
3. Mau Menerima ilmu dari orang lain dan Memberi Ilmu kepada Orang Lain
Orang kreatif tidak ditakdirkan menjadi orang yang egois, orang kreatif justru tumbuh dan bertumbuh dari keinginannya untuk menerima dan memberi ilmu dari dan kepada banyak orang. Orang kreatif akan belajar dari kreatifitas orang lain, orang kreatif selalu mengajarkan kreatifitas pada orang lain. Dengan itu sikap itu, orang kreatif akan terus kreatif.
Dengan berbagai kelebihan dari orang-orang kreatif maka sudah dipastikan bahwa tahun 2010, tahun persaingan yang sungguh ketat hanya akan dimenangkan oleh orang-orang kreatif. Dunia membutuhkan orang kreatif untuk mengubah dunia itu sendiri. Selamat datang kreatifitas dan selamat menjemput sukses Anda di tahun 2010. Ya, 2010 adalah tahunnya orang-orang kreatif!!





No comments: