Children Will Kill Me!

Pernah melihat tayangan NANNY 911 di MetroTV? Sekedar informasi saja tayangan tersebut mengudara setiap hari Sabtu jam 16.05. Tayangan ini mengundang tawa sekaligus sedih. Sebagai calon ibu, aku baru bisa merasakan betapa sulitnya mendidik anak, bahkan kerapkali si ibu tidak tahu harus bagaimana lagi menghadapi sang anak. Seolah anak yang tidak mengerti keinginan si ibu, tapi si anak pun beranggapan demikian, orangtua tidak dapat memahami mereka. Maka, terjadilah salah paham yang berbuntut sikap saling mengecewakan.
Tapi, ada satu benang merah yang aku ambil dalam tayangan tersebut..KOMUNIKASI, ya, komunikasi, betapa komunikasilah yang menyebabkan keburukan suasana dan juga menimbulkan kehangatan keluarga. Dengan komunikasi satu sama lain saling memahami keinginan serta memadukan perbedaan. Komunikasi yang baik antara ayah dan ibu memberikan dampak positif bagi perkembangan sikap pada anak, komunikasi antara orangtua dan si anak mempererat hubungan keluarga.
Komunikasi, ya, komunikasi. Semoga kelak, aku dapat memahami anak-anakku dengan komunikasi yang akan aku bangun dengan mereka. Tentu saja, aku tidak ingin menangis karena kebandelan anak-anakku dan aku juga tak ingin membuat mereka jengkel dengan sikap otoriterku. Kami akan membangun satu keluarga yang komunikatif dan hangat, Insya Allah.

Bandung, 16 Januari 2008

No comments:

Post a Comment