17 May 2007

Kenapa aku bisa dekat dengan bawahanku?

Kadang-kadang banyak juga yang protes dengan sikapku yang "nggak jaim banget" sama bawahanku. Lho, memangnya siapa bawahanku? Rasa-rasanya di dunia kerja tidak ada atasan atau bawahan, yang ada adalah teman kerja, rekan kerja, dan TIM kerja.

Pernah beberapa menegur, "Masa sih kamu seperti itu dengan mereka?"
Lho, apanya yang salah? mereka adalah temanku untuk mewujudkan target-target perusahaan.

Tapi, apapun yang aku lakukan dengan mereka. Terlepas dari salah benar atau kurang lebih masing-masing dari kami. Alhamdulillah, ini menjadikanku dekat dengan mereka.

Awalnya sih, ke'nggak jaim'anku bikin masalah. Ada yang tersinggung, marah, malah ada yang tiba-tiba memasang wajah cemberut

Tapi, lama-lama mereka tahu...ya, beginilah aku. Justru, aku jadi semakin tahu mereka dan mereka semakin tahu aku.

Akibatnya sih, aku bisa jadi berteman baik dengan tim kerjaku, yah, ada juga yang 'bisik-bisik tetangga' tapi itu bukan masalah buatku, yang kuingin pastikan adalah terciptanya lingkungan kerja yang aman dan nyaman. that's it!

Beberapa tips bersahabat baik dengan patner kerja!

1. Mereka bukan bawahan tapi tim kerja yang akan menolong atau merusak target perusahaan maka perlakukanlah dengan bijaksana sesuai dengan kemampuan
2. Jangan otoriter! Mereka kan manusia yang punya hati
3. Terima kritik mereka, sebab kita pun suka mengkritik!
4. Atasan tidak selalu benar namun bawahan juga bukan ladang kesalahan...So, fair aja lagi!
5. Berikan pujian atas prestasi mereka dan tuntunlah mereka jika melakukan kesalahan
6. Katakan semuanya dengan terus terang!
7. Biarkan mereka memiliki peran penting pada setiap pekerjaan
8. TRUST YOUR PATNER!!

Demikian, tips tak sempurnaku...

Salam kompak,
Bandung, 17 Juni 2007

No comments: