21 December 2005

SIRIK POSITIF Emang ada?

"Laksanakan urusan-urusanmu dengan dirahasiakan. Sesungguhnya banyak orang menaruh dengki kepada orang yang memperoleh kenikmatan." (HR Athabrani dan Al Baihaqi)

" Janganlah kamu mengagumi amal seorang sehingga kamu dapat menyaksikan hasil akhir kerjanya (amalnya). (Aththusi-Aththabarani)

Gara-gara kamu sirik sama keberhasilan sahabatmu, hubungan kalian jadi mengendur. Atau gara-gara sirik juga kamu berniat untuk melakukan hal-hal bodoh untuk menjatuhkan nama baik si rival. Ngapai juga sih mesti dikuasai si sirik. Sirik itu jangan dikait-kaitkan dengan dampak yang negtif mulu dong. Kamu juga bisa kok membuat si sirik jadi positif.
Namanya juga hidup, ada menang-kalah, baik-buruk, positif-negatif. Segala yang ada dalam hidup kita memiliki pasangan yang kontradiktif. Tinggal kitalah yang memilih apakah kita ingin hidup bergelimang keburukan atau berenang-renang dalam kebaikan.
Memang nggak mudah menerima keberuntungan orang lain. Perasaan cemburu sulit dihindari. Bagaimana mungkin mereka bisa begitu mudah memperoleh sesuatu yang dengan susah payah ingin kamu peroleh! Oh God, it was suck! But, well, kita harus menerimanya dengan lapang dada dong! Di lain waktu siapa tahu kamu yang dianggap sebagai si lucky girl dan disirikin sama orang! Who knows! Satu lagi, biarkan perasaan sirik itu hadir yang penting kita harus menyikapinya dengan kepala dingin.
Misalnya saja kasus Anida dan Umi. Mereka merupakan dua cewek yang sering sekali terlibat persaingan dalam memperebutkan juara di kelasnya. Selidik punya selidik sebenarnya mereka memiliki rasa sirik satu sama lain. Jadi, ketika Anida mendapat nilai sembilan, maka Umi langsung saja menambah frekuensi belajarnya agar tidak dikalahkan oleh Anida. Begitu seterusnya sehingga terjadi persaingan yang ketat dianatara dua cewek itu. Tapi, bagus kan? Ternyata gara-gara sirik mereka bisa jadi saingan berat! Bukankah tanpa persaingan kita takkan berkembang? Nah, jadi kamu nggak perlu takut sama sainganmu. Namun, terus asah kemampuanmu..terus..terus..terus..jadikan sirikmu bernilai positif.
Gimana supaya sirik bisa memberikan dampak positif buatmu :
Ucapkan selamat padanya dan jangan malu untuk meminta trik dia dalam memperoleh prestasi itu
Pahami bahwa kamu tidak akan selalu beruntung dalam hidup ini atau mungkin si dia memang lebih keras mengupayakan prestasi itu dibandingkan kamu
Sirik kamu harus dijadikan motivasi untuk melakukan perbaikan dalam langkah kongkritmu
Jujur saja pada dirimu, kalau kamu juga punya sesuatu yang bisa dibanggakan bukan? so, ngapain juga mesti sirik!
harusnya kamu bisa bersahabat dengan orang yang bikin kamu sirik, ambil sebanyak mungkin hal-hal positif darinya. Pasti menyenangkan lho!

No comments: