14 October 2005

Sulit Memulai

“Hal yang paling sulit saya lakukan adalah memulai.” Ujar sahabat yang siang ini berkunjung ke tempat saya dan kemudian dia mulai bercerita mengenai dirinya.
SULIT MEMULAI! Saya pahami memulai merupakan hal yang sulit dilakukan oleh banyak orang. Memulai berarti melakukan terobosan baru dalam hidup yang menghasilkan dua kemungkinan –baik atau buruk-
Tapi jika Anda tak berani memulai dari sekarang, mana pernah Anda tahu bahwa hal di depan sana ternyata akan menghasilkan perubahan yang jauh lebih baik?Rugi kan!? Mungkin yang akhirnya yang terjadi Anda menjadi orang statis alias jalan di tempat padahal orang lain sudah mencapai sukses tertentu karena keberaniannya untuk memulai.
Saya pikir kegagalan adalah hal yang wajar. Ketika Anda memulai sesuatu kemudian setelah dijalani perubahan malah memburuk, maka anggaplah hal itu memang bagian pengalaman berharga dan sebagai acuan ketika Anda memulai sesuatu yang baru. Semakin banyak memulai dan belajar maka semakin berpengalamanlah Anda.
Kecewa saat gagal? Saya mengalaminya! Tapi saya tak bisa menjadikan kegagalan satu hal menjadi patokan untuk yang lain. Itu sebabnya saya selalu tertantang untuk memulai. Persoalan hasilnya buruk atau baik lihat saja nanti! Jangan terbebani dulu dengan hasil tapi keberanian untuk memulai tetap menjadi sebuah awal bagus bagi nyali Anda! Ayo lakukan apa yang ingin Anda lakukan!Sekarang!

(Yogyakarta, 12 Oktober 2005)

No comments: