Penghasilan Saya Pas-pasan, Bisakah Bayar Utang?

 Penghasilan Saya Pas-pasan, Bisakah Bayar Utang?

Oleh: Indari Mastuti
Kayaknya emang lebih banyak yang penghasilan pas-pasan daripada yang lubeeer yaa
Tapi….dengan penghasilan pas-pasan masih punya utang bahkan lebih banyak dari penghasilan, duuuh menyiksa!
Tenang, saya juga merasakan hal itu kok
Sewaktu saya dalam kondisi bangkrut, bingunglah bayar utangnya darimana
Maka beruntunglah yang masih punya pemasukan dari berbagai arah, asal mau utang bisa lekas lunas
Kalau mau, teh? Iyalaaah, karena urusan bayar utang ternyata bukan urusan ada uang, tapi mau atau nggak, niat atau nggak hehehe
Ini serius!
Jadi kapan waktu tepat bayar utang? SEKARANG JUGA
Berapapun uang di tangan sisihkan buat utang, cuman cuman mikirin kebutuhan lain, karena ya utang juga adalah kebutuhan
Tapi sulit Teh, penghasilan saya pas-pasan, nanti malah nggak cukup buat kehidupan sehari-hari.
Heeem, ya gimana lagi, utang tetep harus dibayar kan?
Memang nggak mudah, mau nggak mau Anda harus mulai hidup hemat alias tidak boros. Hemat itu artinya hidup berkecukupan alias tidak berlebih-lebihan.
Seorang perempuan di komunitas saya pernah menulis begini di postingan facebooknya:
“Maak, sudah tahu mobilnya teh Indari Mastuti?
Nggak keren.
Itu kesan yang pertama kali saya lihat.
Untuk sekelas teh Indari harusnya punya mobil minimal T****a lahh.
Ini mahh yiny mini bitty.
Etapiii,
Waktu kopdar kemarin di rumahnya yang sekaligus kantor Indscript, keheranan saya terjawab dengan indahnya.
Teh Iin bilang, saya nggak malu punya mobil nggak sebagus orang lain. Tapi saya tenang, nggak dikejar-kejar harus bayar utang.
Lalu beliau bercerita tentang trik menggunakan celengan untuk membayar semua kebutuhannya.
Celengan nya banyak lho Maak. Ada yang isinya buat persiapan mendaftarkan anak ke sekolah favorit, ada buat nabung investasi peternakan domba dan lainnya.”
Saya tersenyum-senyum saja membacanya postingannya, ampuuun deh si mamak, semua dijadikan status hahaha
Ya, saya pernah dalam kondisi pas-pasan, tapi bersyukur ada di kondisi pas-pasan karena saya belajar gaya hidup ngepas, alias nggak lebay
Saya nggak silau ama baju indah
Saya nggak iri sama yang punya skin care mahal
Saya nggak panas sama yang mobilnya keren
Kondisi pas-pasan waktu saya bangkrut mendidik saya untuk memuliakan pemberi utang dengan menjaga gaya hidup lebih hemat demi membayar utang padanya
Jangaaaanlaaah, punya utang tapi gaya hidup glamour berasa duit ada segudang, batinmu akan menjeriiit, Mak
Jadi ada 2 cara saya bebas UTANG adalah Hilangkan GENGSI dan lakukan INOVASI untuk tambah penghasilan.
Cara saya yang lain adalah : The Power of Celengan
Saya mulai cicil utang dengan menggunakan celengan, saya breakdown utang di setiap celengan dengan peruntukannya masing-masing
Celengan hanya dibuka kalau itu sudah tercapai targetnya lalu BAYARKAN UTANG
Teh, banyak tuyul suka ngambilin duit di celengan loh #katanya
Bismillah ajalah, masukan uang dengan bismillah, Insya Allah aman
Sejak itulah celengan menjadi cara saya menabung untuk membebaskan utang dan jika ingin membeli sesuatu
Kebayang nggak kalau celengan yang Anda beli di pasar dengan ribuan rupiah saja bisa mewujudkan mimpi-mimpi Anda?
Bisa lunasin utang...
Bisa beli rumah...
Bisa beli sawah...
Bisa buat apa saja!
Asal Anda mau dan disiplin PASTI BISA!
Alhamdulillah karena pengalaman inilah, saya akhirnya bikin celengan IBU, sebuah celengan yang akan bikin masa depan Anda makin berkilau
Celengan, berasa kuno yaa, tapi yang kuno-kuno itu kadang menggemaskan emang
Alhamdulillah menuju 20 stokis celengan di berbagai kecamatan Indonesia yang akan membantu Anda membebaskan diri dari utang meski penghasilan Anda masih pas-pasan
Sttt, jangan pasrah sama penghasilan pas-pasan, ayo bergerak bisa berpenghasilan luar biasa yang dimulai dari semangat Anda bergerak lebih kereeen demi bayar utang dan bebas financial, aamiin
Salam lunas utang pakek celengan,
Indari Mastuti
Penggiat bisnis online
Penjual beragam jenis produk dan happy menjalankannya
Join pasukan penjual buku https://t.me/joinchat/TCGq49XidcuqaP9p
Join pasukan penjual celengan https://t.me/joinchat/DWAK4fmm5Mg0ODRl
Keterangan foto tidak tersedia.

No comments:

Post a Comment