4 Cara Mudah Memulai Jadi Penulis


(Saya bersama buku ke-61, Full Time Mom VS Working Mom)

Bulan April ini adalah tepat 20 tahun saya mulai menerbitkan tulisan (Majalah Gadis tahun 1996) dan masih terus menulis hingga detik ini.  Awalnya saya tidak tahu apa arti sebenarnya seorang PENULIS, saya hanya merasa bahwa penulis itu orang HEBAT. 
Mereka menulis, dibaca banyak orang, mempengaruhi cara pandang orang dan membentuk mimpi-mimpi baru yang ingin dicapai oleh dirinya dan juga pembaca.
Ya, menulis merupakan jendela mimpi bagi saya, dimana mimpi yang saya tuliskan satu per satu menjadi nyata. Menulis telah membuka semua mimpi yang ingin saya raih, menulis membuka segalanya.
Fokus pada cita-cita sebagai penulis tidak serta merta menjadikan saya pintar menulis, sebab menulis bukan bakat tapi proses yang dijalankan terus menerus.
Bulan Maret yang lalu saya diwawancara mengenai dunia penulisan oleh sebuah Tabloid di Indonesia.  “Apa benar semua Ibu Rumah Tangga bisa menulis buku? Meski dia tak punya pengalaman menulis?” tanya reporter.
Saya menjawab, “Semua orang memiliki potensi menjadi penulis jika dia sungguh-sungguh melakukan prosesnya.”
Nah, Anda mau berproses menjadi penulis? Berikut ini adalah cara mudah Anda untuk memulai jadi penulis :
1.      Menulis bisa dimulai dari pengalaman masing-masing.
2.      Menulis bisa dimulai dari kemampuan yang dimiliki.
3.      Menulis bisa dimulai dari apa yang Anda minati.
4.      Menulis bisa dimulai dengan komit dan konsisten untuk berlatih menulis setiap hari.
Jika Anda sudah melakukan cara-cara tersebut, sekarang Anda tinggal mengikuti langkah-langkah menulis sebagai berikut :
1.      Menentukan topik.  Sudah terbayangkah isi tulisan yang akan Anda tulis? Pilihlah 1 topik yang akan Anda kembangkan.  Pilih topik yang Anda KUASAI.
2.      Mengumpulkan bahan.  Bandingkan sumber satu dan yang lainnya akan MENGUATKAN tulisan, dan mempermudah anda menuangkan ide.
3.      Menuangkan Ide.  FOKUSlah dengan apa yang akan ditulis.  Tidak semua yang Anda pikirkan perlu ditumpahkan.
4.      Mengembangkan Kerangka.  Menulis itu seperti sedang menguras pengetahuan kita, buatlah tulisan berdasarkan yang kita TAHU tapi tetap gunakan kerangka penulisan.  Buatlah isi yang mengerucut pada judul yang Anda angkat.
5.      Mereview kembali tulisan Anda.  POSISIkan diri Anda sebagai pembaca, pastikan tulisan Anda mudah untuk dimengerti dan enak untuk dibaca.  Jangan lupa, pastikan juga tulisan Anda bebas dari salah ketik.
Bagaimana? Mudah bukan? Selamat menikmati proses menjadi penulis.



No comments:

Post a Comment