11 July 2005

Tips Remaja07 : Lakukan penyesuaian di semua lingkungan

Penyesuaian diri terhadap orang lain dan lingkungan sangat diperlukan oleh setiap orang. Karena jika kita tidak dapat menyesuaikan maka kita akan mengalami kesulitan dalam bermasyarakat. Ciri-ciri penyesuaian ditandai dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan banyak orang, mudah akrab, suka bekerjasama, dan lain-lain. Sebaliknya individu yang tidak mampu menyesuaikan dirinya dengan orang lain atau lingkungannya mempunyai ciri-ciri; suka menonjolkan diri, menipu, suka bermusuhan, egoistik, merendahkan orang lain, buruk sangka dan sebagainya.
Penyesuaian diasah melalui proses, kita harus belajar menyesuaikan dengan cara yang lebih baik, dengan dibarengi membina akhlak dan sikap yang mulia tanpa pantang menyerah.
Manusia tidak akan mampu mengelakkan diri dari perubahan-perubahan yang terjadi di sekitarnya, juga di luar jangkauan geraknya. Perubahan yang terjadi dalam diri manusia menunjuk pada perkembangan yang merupakan bagian utama dalam kehidupan manusia.
Agar manusia bermakna dalah kehidupannya, maka dia harus mampu menyesuaikan diri terhadapt tuntutan yang berasal dari dalam diri sendiri, maupun tuntutan yang bersal dari orang lain
Menurut Eastwood Atwater (1983), "adjustment consists of the changes in ourselves and our circumstances necessary to achieve a satisfactory relationship with others and with our surroundings." Penyesuaian adalah perubahan yang perlu dilakukan oleh diri kita dan lingkungan untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain maupun dengan lingkungan kita.
Kemampuan menyesuaikan diri dengan keadaan berarti dapat mengaktualisasikan potensi yang kita miliki yaitu bakat, minat, ataupun potensi apa saja.
Mau menyesuaikan diri berarti :
Mampu berprestasi sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki
Dapat diterima dalam masyarakat, melalui toleransi antar sesame orang
Mampu menyesuaikan diri dengan peraturan, norma, adat dan semua jenis hal yang berlaku di masyarakat
Memiliki kepribadian yang luwes
Menjadi orang yang tidak mudah putus asa

No comments: