SUKA DUKA MENULIS BUKU BIOGRAFI (3)

Hari ini mulai menulis buku biografi baru dan seperti biasa saya larut saat menulisnya
Rasanya jiwa saya menyatu dengan tokoh yang saya tulis
Seperti biasa menuliskan kisah tokoh ini saya menangis
Terasa....ini kisah saya sendiri!
Ya, salah satu kesulitan seorang penulis biografi adalah memasukkan dirinya ke dalam diri sang tokoh
Awalnya saya juga demikian, rasanya sulit apalagi tokoh adalah orang yang baru saya kenal
Seiring dengan jam terbang, empati saya terbangun
Kini setiap menuliskan seorang tokoh, saya memosisikan menjadi dirinya
Apa yang beliau rasakan menjadi apa yang saya rasakan
Ketika beliau menangis, saya ikut menangis
Ketika beliau bahagia, hati saya ikut berbunga
Akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa penulis biografi harus menjadi bunglon, dia akan menjadi orang yang ditulisnya
Begitulah cara saya menulis biografi hingga kini menulis biografi adalah profesi yang amat membuat saya jatuh cinta
Saya banyak menulis orang-orang istimewa yang kisah hidupnya kadang di luar nalar, pantas saja mereka menjadi orang-orang hebat
Tahun 2007 saya memulai jasa penulisan dan sekarang sudah 2020, 13 tahun sudah jasa penulisan saya jalankan dan semakin hari saya semakin jatuh cinta
Karena kecintaan di dunia menulis maka saya pun menyebarkan virus menulis di kalangan perempuan, saya latih bisa menulis!
Bukan hanya dilatih bisa nulis, tapi juga dilatih bisa jualan hasil tulisan
Begitulah kelas menulis yang saya ampu, selalu dikaitkan dengan JUALAN!
Penulis-penulis baru di BUKUIN aja malah rata-rata sudah mengajukan target penjualan buku sebelum bukunya dilaunching dan ini HARUS DILAKUKAN!
Kini, penulis DREAM COMES TRUE dan DEAR MOM akan menjadi penulis plus yang akan dilahirkan di bulan ini
Ya, penulis plus!

No comments:

Post a Comment