ANAK HARUS KUAT DIBULLY (Mengajarkan anak-anak lebih siap menerima bully dan mengubahnya menjadi langkah positif)



"Anak harus kuat dibully dan bisa menghadapi dengan perkasa" ujar suami saya. Akhirnya, itu tekad saya dan menjadi bahan ajar di Sekolah Gratis. SEBAB bully tidak mengenal pilih kasih.

Semua anak akan mengalami bully baik secara langsung atau tidak.
Anak gemuk, akan dibully si gendut
Anak berkulit gelap, akan dibully item
Anak memiliki keterbatasan fisik, akan dihina
Anak terlalu aktif, akan tetap dibully
Ada banyak alasan terjadinya bullying. 

BAHKAN, saya menemukan pengalaman yang dishare beberapa korban bully...
Terlalu cantik, dibully!
Terlalu pintar, dibully!
Terlalu agamis, dibully!
SEE, ada banyak alasan untuk dapat bully dari orang-orang di sekeliling kita.
BULLY bisa mematahkan semangat anak, jika mereka tidak dipersiapkan untuk kuat menghadapinya.

BAGAIMANA MENGAJARKAN ANAK MENERIMA BULLY dengan positif?

Pertama, Jadilah tempat HANGAT menerima curhat anak yang dibully. Kalau mereka menangis, biarkan mereka menangis untuk melegakan hatinya.

Kedua, Sampaikan kebenaran bahwa dunia ini tidak hanya diisi orang baik tapi juga ada orang yang "belum baik" atau jahat sehingga mereka akan menerima bentuk perlakuan dengan lebih siap.

Ketiga, Edukasi bahwa mereka harus selalu positif menerima apapun apa komentar orang, misalnya pagi ini Ammar yang baru saja sembuh dari cacar bertanya, "Masuk SD nanti wajahku masih bintik-bintik hitam, malu nggak ya? kalau ada yang ngatain aku gimana?" dan saya menjawab, "Justru dengan wajah bintik-bintik kamu bisa bilang ke temenmu mengenai cacar. Katakan pada mereka bahwa cacar akan kena pada siapa saja dan kasih tahu cara mereka menghadapi cacar" Ammar mengangguk-angguk.

Keempat, Ajarkan mereka melawan jika sudah keterlaluan bullynya, bukan dengan bersembunyi dan bersedih, "Melawan itu akan membuat mereka takut, kalau kamu menangis mereka akan semakin membully"

Kelima, Katakan bahwa "kasihanilah yang membully karena bisa jadi mereka tidak paham bahwa bully itu tidak baik atau mungkin mereka sebenarnya lebih buruk dibandingkan kita. Tugasmu adalah melangkah terus."

Keenam, Buka mindset anak bahwa mereka istimewa terlepas dari kekurangan yang mereka miliki. Mereka terlahir sebagai bintang dan sampai kapanpun akan menjadi bintang.

Ketujuh, Ubah bully sebagai pembuktian yang positif. Ketika seorang anak mengatakan pada saya bahwa dia dibully karena rumahnya sempit, maka saya mengatakan: "Artinya kamu harus jadi anak hebat yang kelak bisa memiliki rumah lebih besar dari sekarang!" biarkan anak memiliki tekad untuk mengubah hal negatif menjadi hal positif.

Apa yang saya share di status ini adalah pendapat saya dan yang saya ajarkan pada anak-anak. 

Semoga bermanfaat...

Selamat menjadi ibu yang hebat untuk mencetak anak yang kuat...

Salam untuk seluruh ibu di Indonesia,

1 comment:

  1. saya kalau sekolah, kerja, olahraga, nyari cewe dll sering dibully krna saya cupu dan letoy.. saya lg stress krna saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja saya sering dimutasi, diremehkan orang krna otak dan tenaga saya payah shg saya mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja. dulu saya kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang saat nyari cewe dll.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. buka usaha kecil kecilan di rumah bangkrut, jualan barang secara online tdk laku laku. saya sdh 12 thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah..dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya Nur (karyawati iwamatex) org andir ciparay, tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn saya ditolak habis habisan.. saya sdh nyari yg lain tp sulit. saya org nya dungu dan loyo shg suliit jodoh dan rejeki.. kdng cewe yg mau dg saya, adalah cewe yg tdk saya sukai..

    ReplyDelete