Sahabat, Bukan yang Tak Pernah Mengkritik

Indari, Kiki, Mira @Grasindo

Sewaktu Indscript baru berdiri tahun 2007, saya berkenalan dengan seorang perempuan muda melalui Friendster. Berkenalan dan kemudian beliau menerbitkan buku pertamanya.
Hubungan kami terawat hingga sekarang bukan karena hubungan kami baik-baik saja, tapi karena kekurangan dan kelebihannya yang kami rawat. Tak jarang saya terus mengkritiknya dan kritik membuka matanya. Tak jarang dia memberikan kritik juga pada saya dan membuka mindset saya.

Di awal karir menulis tahun 2005 saya mulai masuk sebagai penulis Kompas Gramedia. Bertemu dengan seorang editor dan kemudian menjadi sahabat. Tulisan saya dikupas, dikuliti, dan terlihat kekurangan disana sini. Kritik membuat saya belajar sekaligus menguatkan hubungan personal kami.
Persahabatan akan semakin kuat dengan menerima kritik dan terbuka pada pandangan orang lain terhadap kita. Berani mengatakan yang salah pada sahabat dan menerima kritikan dari sahabat membuat kita semakin berpikir terbuka.

No comments:

Post a Comment