Bahagia di Segala Kondisi


Berbicara tentang kebahagiaan, siapapun dan dimanapun menginginkan itu, namun satu sama lain berbeda hal apa yang dapat membuatnya bahagia, teman saya yang kayanya bukan main merasa dirinya tidak bahagia dengan kekayaannya dan ‘katanya’ dia rela menukar seluruh kekayaan demi sebuah kebahagiaan, berbeda dengan teman saya yang lainnya yang merasa yakin justru uanglah yang akan membuatnya bahagia, dan saat saya membandingkan keduanya saya justru merasa mereka adalah orang-orang yang seharusnya merasa bahagia, mereka memiliki kelebihan untuk disyukuri.

Buat saya kebahagiaan adalah saat saya mensyukuri apapun yang Tuhan beri pada saya, saat disakiti, saat disenangkan oleh anugerah-Nya, saat ditegur oleh cobaan-Nya..semuanya adalah satu proses yang membahagiakan karena saya ingin selalu menyukuri apa yang saya dapatkan dalam hidup ini. Dan kalaupun saya begitu sulit untuk berbahagia karena satu masalah yang berat, Tuhanku memberikan jawabannya dan saya yakini ini “ Apa yang Tuhan beri kemarin, hari ini dan esok adalah yang terbaik untuk saya jalani.” Dan saya akan mampu mengangkat wajah ini dan mengulas senyum dalam kondisi terburuk pun.

Sesungguhnya kebahagiaan itu bisa saya dapati pada setiap waktu apabila saya mau melenyapkan dan mengatasi segala kesusahan baik yang mudah saya atasi maupun yang sulit diatasi, yang mudah saya atasi akan saya pecahkan sendirian sedangkan jika saya merasa kesulitan saat itu juga saya mencari solusi bersama orang yang saya anggap lebih bijaksana bahkan tak jarang kegalauan hati sering saya tumpahkan pada sebuah coretan ‘tanpa kebohongan’ dan buku yang sarat akan makna kehidupan, di sana saya akan menemukan perbandingan dari berapa banyak orang yang menemukan kesulitan yang sama atau lebih dari kesulitan yang saya alami, maka masalah apapun yang saya hadapi tidak akan membuat kesedihan lama bersemayam dalam hati saya.

Berbahagia setiap hari dimulai sejak saya bangun tidur dan tentu saja saya harus menyiapkan hati saya untuk menghadapi persoalan pada waktu yang akan datang, namun mengawali kegiatan dengan hati yang bahagia akan membuat sepanjang hari menjadi ceria. Tertawalah dan lakukan komunikasi yang menyenangkan dengan orang lain, jangan mengawali kegiatan sambil membahas masalah-masalah berat.
Terkadang kita tidak berbahagia karena sesuatu yang tidak jelas ataupun memiliki pikiran-pikiran yang buruk mengenai sesuatu, hal ini tentu saja harus segera dilenyapkan karena pikiran-pikiran yang buruk dapat membuat akan membuat kita tidak bahagia dan ketidakbahagiaan itu akan menghalangi kita menjalani hari-hari yang sebenarnya memiliki banyak keindahan.

Senang dan susah hati kita sebenarnya kita jugalah yang menentukannya. Karena itu kita harus memiliki kesadaran diri dalam menghadapi segalanya, hal yang baik dan hal yang buruk, jika kita menyadari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi maka kita akan selalu bahagia, menyadari bahwa tidak selalu kebahagiaan yang akan kita raih dalam hidup ini namun juga kesakitan namun bagaimana membuat rasa sakit itu menjadi alat kita menuju satu rasa bahagia. Terimalah apapun bentuk kondisi yang kita hadapi dengan penuh ikhlas maka kita akan mencapai bahagia.

Jika suatu saat kita terbelenggu pada suatu permasalahan yang rumit, jangan memaksakan diri untuk memecahkannya, jika memang kita merasa tidak mampu karena hal itu akan membuat kita malahan terlalu memfokuskan diri pada hal tersebut sehingga melupakan hal lainnya yang sebenarnya malah lebih menguntungkan. Cobalah untuk mengalihkan pikiran dari berbagai permasalahan yang terlalu rumit, bersikaplah santai dalam menghadapi persoalan, santai bukan berarti tidak mencari solusi melainkan kita memecahkan tanpa membuatnya menjadi suatu beban.

Pada akhirnya manusia memang seharusnya merasa puas dengan apa yang dimilikinya, baik dari yang terbaik hingga yang terburuk karena tanpa kepuasan terlebih lagi rasa syukur maka kita akan selalu terus mencari perbandingan dan ukuran pada langit bukan pada tanah.

No comments:

Post a Comment