TIDAK MUDAH TAPI JANGAN MENYERAH



Sore ini saya mendapatkan kiriman sebuah buku karya pertama dari Holy Melisa
Dalam suratnya saya terharu dan mata saya menghangat bahwa dia bersemangat menulis karena dalam komunitas yang saya dirikan
Ah mengenang kembali komunitas yang saya dirikan 9 dan 10 tahun lalu ini bukanlah persoalan mudah
Menyatukan persepsi dengan anggota yang jumlahnya puluhan, ratusan, ribuan, hingga kini puluhan ribu adalah sebuah tantangan tersendiri
Dianggap terlalu lebay, pernah
Dianggap terlalu narsis, sudah
Dighibahin, tentu ada
Difitnah, ah ada aja
Dianggap memperdayai, ada juga loh
Tiba-tiba anggota membenci karena hasutan, pernah juga
Kalau saya menyerah, dua komunitas itu takkan ada sampai sekarang
Saya menganggap itu hanya bumbu berkomunitas
dan...saya ya cuek saja, tugas saya bukan memikirkan apa kata orang tapi apa kata orang saya jadikan program kerja lebih update yang bikin komunitas terus bergerak menghebat
MEMBANGUN DAN MENJAGA KOMUNITAS TIDAK MUDAH
TAPI SAYA TAK BOLEH MENYERAH
Saya terus melanjutkan langkah
Saya yakin semua yang dilakukan penuh cinta akan berumur panjang
Jadi kalau ada yang berpikir bahwa saya membuat komunitas demi kepentingan pribadi maklumi saja sebab mereka tak tahu apapun tentang saya
Saya terus melangkah tanpa lelah
Yang pergi saya ikhlaskan
Yang datang saya genggam
Ada yang pergi memendam benci, biarlah asal bukan saya yang membenci
Ada yang pergi karena kecewa, maafkanlah karena saya tak bisa memuaskan semua orang
SAYA TAKKAN LELAH MELANGKAH
Dan...selalu mengucap alhamdulillah jika dua komunitas itu terus menetaskan manfaat hingga kini

No comments:

Post a Comment