BANGKRUT? BANGKIT SAJA!



Kemarin kebetulan saya diminta sharing di sebuah grup, tema yang saya bawakan adalah BANGKIT dari BANGKRUT
Kenapa saya pilih tema bangkit dari bangkrut karena banyak sekali bisnis yang menyisakan masalah dan akhirnya ditinggalkan
Owner berganti bisnis
Owner memilih bisnis lain
Owner memilih produk lain
Tapi sewaktu saya bangkrut di usia bisnis ke-3
Saya memilih bangkit tanpa memilih bisnis lain
Kenapa?
Saya menjadi tertantang mencari tahu apa yang menyebabkan bisnis bangkrut?
Saya cari tahu
Saya belajar
Saya tertatih memperbaiki bisnis
Berat? Berat banget
Dalam kondisi perusahaan membutuhkan biaya besar, sedangkan uang minus
Utang bertumpuk
Kepercayaan klien hilang entah kemana karena kesalahan prosedural perusahaan
Satu-satunya harapan adalah Allah akan menolong hambaNya yang mau sungguh-sungguh berusaha
Saya tegakkan wajah menatap masa depan dengan keringat bercucuran
Saya bereskan masalah satu persatu bergandengan tangan dengan suami yang jadi partner kerja di perusahaan
Saya terus melangkah dengan kondisi penuh darah
Saya terus berlari dengan segala kekurangan perusahaan yang ada dengan satu tekad: perusahaan bisa bangkrut tapi semangat tak boleh ikut bangkrut
Saya bergerak dan berlari terus
Mencari ilmu agar bisa membereskan satu persatu masalah dalam perusahaan
Hingga Allah memberi saya ide: bergaul lebih luas dengan mengikuti berbagai kompetisi bisnis
Dalam kompetisi bisnis saya bisa dapat networking, branding, bahkan uang buat bayar utang jika menang
Dalam masa 2010-2012 saya memenangi kompetisi bisnis berupa ide, komunitas, hingga bisnis kreatif
Darisanalah saya bangkit kembali
Setiap menang kompetisi: uang saya bayarkan utang
Setiap menang kompetisi: saya dapat coaching gratis bahkan pernah dapat beasiswa coaching bisnis hingga ratusan juta setahun
Yang paling berharga adalah setiap menang bisnis saya mendapatkan liputan media cetak hingga elektronik dan masyaAllah saya mulai kebanjiran klien baru
Dalam setiap pertemuan pebisnis saya tak malu mengatakan saya sedang bangkrut namun akan terus survive dengan bisnis yang saya cintai ini dan ternyata mereka menjadi sahabat-sahabat saya bertumbuh hingga kini
Saya bangkit dan tidak menyerah di bisnis
Bisnis yang saya cintai: INDSCRIPT CREATIVE
Bangkrut dan kembali bangkit
Alhamdulillah kini bisnis saya sudah berusia 12 tahun
Entah apa jadinya KALAU saya menyerah dulu
Bisnis ini sudah terkubur dan hancur
Saya bangkit dari bangkrut karena restu Allah, tidak menyerah, terus belajar mengolah masalah jadi solusi dan inovasi
Teman-teman, jika saat ini bisnis teman-teman sedang bermasalah, please jangan menyerah
Perbaiki dengan ilmu
Dan teruslah berlari
Menuju 12 tahun Indscript
8 September 2007 - 8 September 2019
Indari Mastuti
Owner Indscript Corp
Penulis buku based on story
Channel telegram: https://t.me/Indari


No comments:

Post a Comment