SEPERTI APA KAU MENDAMBA ANAKMU KELAK?



Saya tak pernah lelah membaca buku
Bagi saya buku adalah guru perubahan hidup lebih baik
Saya baca buku KELEKATAN IBU - ANAK saat Aisyah tidur 
Apa yang saya dapatkan dari buku karya Ibu Ratna Megawangi ini adalah:
  • Sebanyak-banyaknya alokasikan waktu antara ibu dan anak, bahkan menemaninya tidur
  • Sebanyak-banyaknya miliki emosi positif Ibu karena akan mempengaruhi emosi anak
  • Sebanyak-banyak gendong anak dan lekatkan di tubuh sang Ibu untuk sebanyak-banyaknya memberi rasa aman dan nyaman bagi anak sehingga kelak saat dewasa dia menjadi mandiri dan percaya diri sebab rasa aman dan nyaman sudah memenuhi hati dan pikirannya
INTINYA adalah kelekatan anak dan ibu amat sangat menpengaruhi kesuksesan hidup dan kesehatan fisik ketika dewasa
BAHKAN kelekatan masa kecil mempengaruhi kebahagiaan perkawinan mereka kelak




Saya ditanya banyak mamak, "Bagaimana cara mudah melatih anak berani, sepemberani Nanit dan Ammar?"
Jawaban saya ada 5:
1. Bawa dia ke lebih banyak tempat umum 
2. Biarkan dia bergaul dengan siapa saja
3. Ikutkan dia pada kompetisi anak
4. Ajak dia bicara bahwa siapapun yang dia hadapi, hadapilah
5. Jadilah ibu yang role model anak, melihat ibunya pemberani, anak akan menduplikasi

Mengajarkan hal baik pada anak tak perlu dengan memerintah dan otoriter
Maklumi kesalahan anak dan kembali arahkan pada kebaikan kembali
Salah satu cara membuat anak menjadi lebih baik sebetulnya dengan menanamkan mindset positif mengenai siapa diri mereka
Misalnya seperti yang ada di kamar Ammar ini, dia menuliskan bahwa dia cinta Allah, dia anak baik, dia pemberani, dan mindset positif lainnya
Saat mindsetnya positif, insyaAllah akan membantunya melangkah lebih positif





Dan tentang Aisyah...
Sejak di dalam kandungan, saya ingin dan bermimpi aisyah menjadi khafizah
Saya dan suami putar murotal sepanjang hari, sejak dalam kandungan
Saya dan suami baca Quran di depannya
Tantenya 
Fitri Handayani kirimkan alqolam untuk hafalannya
Kakak-kakaknya memperdengarkan kegiatan AlQuran saat mereka bermain
Menginginkan bayi kita menjadi apa, tak hanya ingin, butuh proses yang dijalankan dengan konsisten
Termasuk saya ingin anak-anak saya tak pernah malu berdagang, terlepas dari cita-citanya jadi apa di masa depan
Nanit ingin jadi Dokter dan Guru, tapi jiwa entrepreneurshipnya terus meningkat setiap harinya
Ammar juga berdagang meski cita-citanya pemain bola
Aisyah? Aisyah pun harus bisa berdagang, dia akan meniru kedua kakaknya
Tapi, kenapa harus bisa berdagang? Karena saya yakin profesi apapun tak bisa dilepaskan dari aktivitas dagang dan dimana yang akan datang mereka tak bisa bergantung pada sebuah pekerjaan yang konon akan semakin sempit karena harus bersaing dengan robot masa depan
Mereka akan mengendalikan masa depan dengan kelihaian mereka berdagang

No comments:

Post a Comment