MENDIDIK ANAK "ISTIMEWA" ITU TANTANGAN KITA (mendidik anak istimewa tidak mudah tapi semua ANAK ADALAH BINTANG KEHIDUPAN, orangtualah yang tidak boleh berhenti dan menyerah mendampingi mereka)



Mendiskusikan mengenai perkembangan anak-anak dan merumuskan solusi pada setiap kesulitan adalah sebuah pembahasan yang menarik untuk saya dan suami.

Seperti tadi malam, saya membicarakan sebuah kesulitan yang saya hadapi dalam mendidik seorang anak yang saya asuh.

INTI dari pesan suami pada saya adalah:
Jika anak baik-baik saja,orangtua mungkin tidak akan belajar mendidik, toh anak sudah nurut dan ikut-ikut saja semua petunjuk orang tua
Jika anak mudah dibentuk, betapa ringannya pekerjaan orangtua dalam hal mendidik
Kita akan bertemu dengan banyak karakter anak
Kita akan bertemu banyak masa lalu anak dengan pola didik yang berbeda
Kita akan bertemu dengan anak-anak yang mungkin membuat orangtua menyerah untuk mendidik
Disinilah tantangan yang harus dipecahkan oleh kita...
Bagaimana mendidik anak yang sulit
Bagaimana mendidik anak yang rumit
Bagaimana mendidik anak yang tidak dimengerti maunya apa
Bagaimana mendidik anak yang seperti tidak mendengarkan apa kata orangtuanya
Pecahkanlah itu!

Seperti halnya sebuah puzzle yang kemudian bisa tersusun rapi membentuk sebuah gambar yang cantik.

Mendidik anak dengan karakter istimewa adalah tantangan bagi orangtua.

DITAMBAH orangtua harus bersaing dengan pola didik salah yang mengasyikan seperti gadget, lingkungan bermain, dan pola lain yang dimasuki oleh anak.

INILAH TANTANGAN YANG DIBERIKAN ALLAH pada kita, "Bersyukur Allah menitipkan dia pada kita, bukankah kita sering miris dengan kenakalan anak di berita-berita? Nah, sekarang bukan hanya miris, tapi bagaimana kita bisa menghadapi tantangan untuk meluruskan anak menjadi lebih baik. Allah percaya sama kita, ayo kita pecahkan tantangan ini." pesan suami.

HATI SAYA seperti tersiram air dingin.
BENAR SEKALI, tantangannya mungkin tidak mudah, tapi tidak ada yang tidak bisa dipecahkan jika kita terus BERUSAHA.
Saya pun teringat dengan materi yang ada di Matrikulasi IIP dimana saya ingin menguasai Islamic Parenting dan kasus-kasus pola asuh anak mulai harus saya terapkan secara langsung di Sekolah Gratis.

Ya, mendidik anak istimewa tidak mudah tapi semua ANAK ADALAH BINTANG KEHIDUPAN, orangtualah yang tidak boleh berhenti mendampingi mereka.

No comments:

Post a Comment