MALU SAMA ALLAH, NAK (Bagaimana membangkitkan rasa malu pada anak jika tidak melakukan kewajiban)



Ada satu kata yang sering saya gunakan pada anak-anak untuk menggali kesadaran mereka beribadah dan melakukan tindakan baik.

Mengganti kata TAKUT menjadi MALU
"De Ammar, bagaimana tadi sholatnya? tartil nggak?" tanya saya
"Aku agak nggak tartil, Bun" sahutnya
"Kenapa? nggak mau ketinggalan mainkah?" tanya saya
Ammar mengangguk, "Jangan sayang, malu sama Allah kalau nggak tartil, Allah sudah kasih banyak sama kita. Masa kita nggak kasih konsentrasi, padahal cuman 5-10 meniiit saja" sahut saya
Ammar mengangguk, "InsyaAllah bakal lebih tartil, malu sama Allah."

LALU....
Bangunin Nanit sholat subuh
"Nit, bangun, sholat dulu, malu sama Allah, udah nungguin dari tadi"
Nanit langsung loncat dari tempat tidur

LALU....
“Ammar tidak baik membuat teman menangis, malu sama Allah yang menciptakannya." Ammar pun mengangguk

Kata MALU menjadi lebih ampuh bagi saya untuk saya sampaikan pada anak-anak di rumah
Mungkin saja, saya dan Anda berbeda cara, tapi tak ada salahnya kita sebagai ibu SALING BERBAGI CARA

BERBAGI CARA mendidik buah hati dengan sesama ibu Insya Allah akan memunculkan sikap-sikap positif dan saling membangun.  Membuat kita semakin terpacu untuk lebih kreatif dalam mendidik anak dan terus berusaha memperbaiki diri dari hari ke hari.  Bismillah.

No comments:

Post a Comment