Bagaimana Bisa Produktif MENULIS?



Satu-satunya yang membuat Anda bisa NGEBUT menulis adalah KARENA ITU PROFESI ANDA BUKAN SAMPINGAN.
Kalau hanya sampingan susah kejar TAYANG.
Tahun 2010 saya membuat komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis HARAPANNYA lebih banyak penulis

Tapi...
Tapi...Ibu Rumah Tangga yang dari NOL kemudian bisa produktif NULIS itu jempol banget
Tapi...tidak semua di grup tersebut bisa PRODUKTIF MENULIS
Kenapa? Karena TERNYATA menulis itu SULIT di KONSISTENSI

Menulis adalah PROSES
Menulis itu karena DIBIASAKAN bukan karena terlahir BISA
Bukan karena TIDAK BERBAKAT tidak bisa menulis
Toh, bisa MENULIS bukan karena bakat
Tapi, di awal karir di dunia penulisan, sang penulis yang tulisannya JELEK tetap MENULIS
Bahkan penulis produktif pun memulai dengan tulisan pertamanya yang bisa dibilang JELEK
Lama-lama tulisan sampah menjadi MUTIARA
Tak apa tulisan pertamanya SAMPAH tapi dia tetap berjuang berproses menulis terus

Bagi mereka yang ingin jadi PENULIS, PERCAYA DIRI memang penting
Sayangnya, tidak cukup PERCAYA DIRI untuk jadi penulis tapi juga MENJAGA KONSISTENSI MENULIS
Dan, inilah yang paling sulit!

Bagaimana bisa MENULIS SETIAP HARI diantara setumpuk kesibukan sebagai Ibu Rumah Tangga!
Sejak kapan kita tidak sibuk? setiap hari kita SIBUK bukan? Maka menambah satu kegiatan MENULIS dalam kesibukan kita, mungkin juga bisa!

Setiap orang diberi jatah waktu yang sama oleh Allah SWT yaitu 24 jam sehari.  Yang membedakan adalah cara memanfaatkan jatah waktu tersebut.  Ada yang pandai memanfaatkan waktu sehingga produktif, tak sedikit juga yang merasa jatah 24 jam sehari itu kurang. 
Maka, IRT yang bisa produktif menulis itu luar biasa
Dan saya berharap semua perempuan tidak berhenti menulis
SEBAB menulis adalah SEJARAH dan PENINGGALAN kita kelak yang paling berharga

Pertanyaan selanjutnya adalah kenapa saya bisa produktif menulis?
Ternyata saya memulainya dengan MENCATAT IDE yang ingin saya tulis
Lalu...saya membuat TIMELINE kapan naskah selesai ditulis
Saya bawa buku itu kemana-mana
Saya siapkan buku khusus untuk mencatat ide dan mengembangkannya

Dimanapun dan kapanpun saya SEMPATKAN MENULIS

No comments:

Post a Comment